Kompas.com - 26/01/2022, 14:42 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun lalu, Kawasaki mengumumkan akan memproduksi sepeda motor bertenaga lebih bersih salah satunya ialah mengembangkan motor bertenaga listrik dan mesin hybrid.

Sebelumnya Kawasaki sudah lebih dulu menampilkan prototipe Ninja 400 Hybrid ke publik. Baru-baru ini, kembali muncul rincian soal paten motor hibrid Kawasaki.

Baca juga: Mini Bikin Program Recharged, Konversi Mesin Bensin Jadi Listrik

Mengutip Greatbiker, dalam paten baru ini orang akan lebih mudah memahami sistem hybrid Kawasaki. Sistemnya sama sekali tidak rumit. Mesin bakar ditambah motor penggerak listrik 48v.

Kembali muncul rincian soal paten motor hybrid Kawasaki.Foto: Greatbiker Kembali muncul rincian soal paten motor hybrid Kawasaki.

Secara konsep skema ini sama seperti yang digunakan mobil hibrida. Cara kerjanya bahwa kedua mesin berkerja bersama untuk meningkatkan efisiensi berkendara.

Kawasaki memasang baterai kecil di bawah jok. Kemudian ditambah sistem pendingin udara untuk menjaga suhu baterai dan kestabilan pengisian.

Sebelumnya pada Oktober 2020, paten motor hibrid Kawasaki juga sempat bocor. Waktu itu patennya lebih merinci soal teknologi baterai yang bakal dipakai.

Baca juga: Lampu Indikator Oli Menyala Saat Mobil Melaju, Segera Lakukan Ini

Kembali muncul rincian soal paten motor hybrid Kawasaki.Foto: Greatbiker Kembali muncul rincian soal paten motor hybrid Kawasaki.

Baterai motor hibrid Kawasaki tersebut berbentuk persegi. Dari gambar terlihat jelas bagian-bagian internal baterai dan cara sel-sel baterai tersebut disejajarkan dan terhubung satu sama lain.

Sistem baterainya ialah menggunakan baterai lithium ion kecil-kecil yang terkoneksi bersamaan. Susunan ini bukan sesuatu yang baru karena cukup banyak ditemukan di motor listrik.

Dari teaser sebelumnya, ditengarai sistem hibrid yang diusung Kawasaki ini mampu berganti antara full electric, hybrid, atau mesin bensin, tergantung dari kecepatan mesin dan mungkin dari lokasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.