Butuh Ekstra Perawatan, Interior Mobil Warna Krem Rawan Kusam

Kompas.com - 26/01/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan interior berkelir cerah, seperti krem atau beige bisa membuat kabin terasa lebih luas.

Namun jangan lupa, interior dengan warna tersebut juga membutuhkan perhatian ekstra, terutama dalam hal perawatan.

Pasalnya, ketika mobil digunakan setiap hari, ada bagian yang bisa berubah warna seperti di setir dan tuas transmisi. Seiring berjalannya waktu, bagian tersebut akan lebih kotor ataupun pudar warnanya.

Baca juga: Tren Interior Back to Fabric untuk Mobil Retro

Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter mengatakan, jika bicara pandangan mata, memang interior berwarna terang seperti krem cenderung bikin kabin terasa lebih luas.

Sementara interior mobil dengan warna gelap, seperti hitam membuat kabin terlihat lebih sempit.

Interior All New Suzuki Ertigadok.Suzuki Interior All New Suzuki Ertiga

“Namun memang ada kelebihan kekurangan masing-masing. Perawatan interior berwarna krem bisa membuat kabin lebih sempit,” ucap Edy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Menurut Edy , jika ada interior yang sudah terlanjur menguning akan sulit untuk dibersihkan, salah satu cara menutupinya yaitu dengan melapisi ulang bagian yang kotor.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

“Solusinya adalah kita ganti bagian tertentu (yang menguning) saja, atau kita lakukan pengecatan ulang. Tetapi itu bukan solusi terbaik karena umurnya tidak bisa lama,” kata Edy.

Sementara itu, Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi menambahkan, interior warna krem memang harus lebih rajin dibersihkan. Dibanding warna gelap, interior krem lebih mudah terlihat kotor.

New Honda Accord 2022HPM New Honda Accord 2022

“Warna interior yang menguning atau berubah warna disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Jadi cara menanggulanginya harus rutin dibersihkan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.