Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Ekstra Perawatan, Interior Mobil Warna Krem Rawan Kusam

Kompas.com - 26/01/2022, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan interior berkelir cerah, seperti krem atau beige bisa membuat kabin terasa lebih luas.

Namun jangan lupa, interior dengan warna tersebut juga membutuhkan perhatian ekstra, terutama dalam hal perawatan.

Pasalnya, ketika mobil digunakan setiap hari, ada bagian yang bisa berubah warna seperti di setir dan tuas transmisi. Seiring berjalannya waktu, bagian tersebut akan lebih kotor ataupun pudar warnanya.

Baca juga: Tren Interior Back to Fabric untuk Mobil Retro

Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter mengatakan, jika bicara pandangan mata, memang interior berwarna terang seperti krem cenderung bikin kabin terasa lebih luas.

Sementara interior mobil dengan warna gelap, seperti hitam membuat kabin terlihat lebih sempit.

Interior All New Suzuki Ertigadok.Suzuki Interior All New Suzuki Ertiga

“Namun memang ada kelebihan kekurangan masing-masing. Perawatan interior berwarna krem bisa membuat kabin lebih sempit,” ucap Edy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Menurut Edy , jika ada interior yang sudah terlanjur menguning akan sulit untuk dibersihkan, salah satu cara menutupinya yaitu dengan melapisi ulang bagian yang kotor.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

“Solusinya adalah kita ganti bagian tertentu (yang menguning) saja, atau kita lakukan pengecatan ulang. Tetapi itu bukan solusi terbaik karena umurnya tidak bisa lama,” kata Edy.

Sementara itu, Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi menambahkan, interior warna krem memang harus lebih rajin dibersihkan. Dibanding warna gelap, interior krem lebih mudah terlihat kotor.

New Honda Accord 2022HPM New Honda Accord 2022

“Warna interior yang menguning atau berubah warna disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Jadi cara menanggulanginya harus rutin dibersihkan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com