Tips agar Tak Tersesat Saat Pakai Aplikasi Peta Saat Berkendara

Kompas.com - 25/01/2022, 17:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat bekendara jarak jauh atau ke daerah yang belum pernah dilewati, aplikasi peta atau navigasi bisa menjadi salah satu solusi.

Berkat peta digital tersebut, pengendara bisa dengan mudah mengambil jalur tercepat untuk sampai di titik tujuan.

Namun, saat mengikutinya, pengendara harus tetap memperkirakan apakah kendaraan mampu melintasi jalur yang direkomendasikan atau tidak. Pasalnya, tak jarang rekomendasi yang diberikan kurang tepat, bahkan sulit dilalui oleh mobil.

Contohnya kejadian yang baru-baru ini menimpa satu keluarga, di mana mereka harus tersesat di tengah hutan kawasan Muara Badak, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada Jumat (21/1/2022), lantaran mengikuti Google Maps.

Basarnas pun sampai turun tangan untuk menolong keluarga tersebut.

Baca juga: Ikuti Google Maps, Pengendara Ojol Malah Masuk Jalan Tol

Peristiwa yang terjadi kepada keluarga tersebut nyatanya juga sering dialami oleh para pengendara, baik mobil maupun sepeda motor.

Bahkan, belum lama ini ada berita bahwa pengendara ojol masuk jalan tol reformasi, Makassar, Sulawesi Selatan, lantaran mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi peta tersebut.

Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.thrumylens.org Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.

Untuk itu, simak tips menggunakan aplikasi peta agar tak tersesat dan sampai ke tujuan dengan selamat.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, hal utama yang harus dipersiapkan jika bepergian menggunakan aplikasi peta adalah mengecek terlebih dahulu rute yang disarankan.

“Bila akan menempuh perjalanan jauh dan mengandalkan aplikasi peta, H-1 sebelum keberangkatan pengemudi sebaiknya mempelajari dan melihat kondisi melalui foto lokasi yang tersedia di aplikasi,” ucap Marcell saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.