Bahas Desain Honda CB150X, Motor Adventure Murah di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda menggebrak pasar sepeda motor dengan meluncurkan Honda CB150X pada akhir tahun lalu. Motor ini membuka kelas baru yaitu adventure touring di kelas 150cc.

Kompas.com sudah melakukan review tak lama usai peluncuran di GIIAS 2021. Kemudian tes perdana di fasilitas safety riding AHM, dan merasakan performanya saat touring di Bandung, Jawa Barat.

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Kini Kompas.com kembali menjajal CB150X buat harian. Kencan lebih intim selama beberapa hari buat motor yang diposisikan berada di antara CB150R Streetfire dengan CBR150R.

Baca juga: All New Honda BR-V Mulai Distribusi ke Medan dan Makassar

Meski sudah familier tak ada salahnya kembali membahas desain CB150X. Sebab desain merupakan elemen penting dalam suatu produk, terlebih otomotif, apalagi sepeda motor.

Sebagai keluarga baru CB150-Series maka basisnya tidak jauh berbeda dengan saudaranya. Meski demikian ada beberapa ubahan yang membuatnya lebih tangguh buat jalan jauh.

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Ubahan pertama dapat dilihat dari fasia depan. Bentuk lampu depan mirip CB150R Streetfire tapi dibekali windscreen sebagai tebeng angin. Kemudian di bawah lampu depan ada "paruh bebek" khas motor adventure.

Nuansa tangguh terlihat dari bagian depan. Shrouds membuat tampilan motor seperti "motor gede." Tampilannya mirip dengan CB200X di India atau turunan garis dari CB500X.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Sistem Penggerak Mobil 4WD, Andalan Mobil Offroad

Bentuk tangkinya berbeda dengan CB150R mulai bagian ujung hingga di tekukan paha. Kemudian bagian tengah bodi atau di area bawah jok juga berbeda menyesuaikan bentuk tangki.

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Adapun bagian tengah ke belakang pada dasarnya masih serupa dengan saudaranya CB150R. Bagian jok hingga buntut atau buritannya mengingatkan saudaranya, plus juga bentuk knalpot.

Berbeda dengan CB150R ialah mika lampu belakang dan sein punya CB150X berwarna putih bukan merah dan kuning. Detail ini membuat tampilannya jadi lebih kalem mengimbangi desain keseluruhan.

Baca juga: Pentingnya Bumper Belakang pada Truk

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

New CB150X punya dua varian yaitu standar dan Spesial Edition (SE). Tipe standar dipasarkan Rp 32.950.000 dan tipe SE sebesar Rp 33.450.000 On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Honda CB150X edisi standar punya dua pilihan warna yaitu Mandala Red dan Amazon Matte Green. Adapun edisi spesial cuma dibekali satu warna yaitu Volcano Matte Black.

Selain warna bodi perbedaannya terletak pada warna pelek dan setang. Pada CB150X SE warna volcano matte black, bagian mesin, pelek dan tappered handlebar berwarna burnt titanium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.