Mengenal 4 Jenis Sistem Penggerak Mobil 4WD, Andalan Mobil Offroad

Kompas.com - 23/01/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Four wheel drive atau 4WD merupakan satu dari empat sistem penggerak ban mobil yang umum digunakan pada kebanyakkan kendaraan roda empat saat ini.

Berbeda dari sistem penggerak yang lain, 4WD sangat berguna bagi pengguna mobil yang gemar melalui medan tangguh seperti offroad, karena pengemudi bisa mengatur distribusi tenaga ke roda sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Selain itu, traksi pada mobil berpenggerak 4WD lebih maksimal, serta kendali setir yang lebih baik dibandingkan mobil yang menggunakan sistem penggerak lainnya.

Baca juga: Avanza Baru Pakai Penggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya

4WD umumnya mencakup fungsi sistem penggerak yang lainnya seperti all wheel drive (AWD), front wheel drive (FWD) dan rear wheel drive (RWD). Sistem penggerak AWD menyalurkan tenaga ke empat roda mobil, FWD dua roda depan mobil, sedangkan RWD dua roda belakang mobil.

Dengan sistem penggerak 4WD, pengemudi bisa mengatur distribusi tenaga roda sesuai kebutuhan, misalnya hanya mengaktifkan penggerak dua roda atau keempat roda sekaligus.

Umumnya, mobil 4WD terbagi menjadi empat jenis. Empat jenis mobil 4WD adalah Full Time 4WD, Part Time 4WD, all wheel drive (AWD) dan auto AWD.

Nissan All-New Np300 Navara high-grade (VL) saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Double cabin 4WD dengan desain modern di kelasnya ini dijual dengan harga Rp.380 juta hingga Rp. 430 juta on the road. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Nissan All-New Np300 Navara high-grade (VL) saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Double cabin 4WD dengan desain modern di kelasnya ini dijual dengan harga Rp.380 juta hingga Rp. 430 juta on the road. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Baca juga: Toyota Indonesia Tanggapi Inden Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun

1. Full Time 4WD

Saat menggunakan mode Full Time 4WD, maka roda mobil sedang berada dalam kondisi 4WD. Ada pilihan gear yang bisa digunakan sesuai dengan keadaan jalanan yang dilalui, yaitu low gear dan high gear.

Low gear digunakan saat mobil melewat medan yang kasar, seperti bebatuan dan lumpur. Kecepatan yang diberikan mobil rendah, tapi torsinya besar. Sedangkan high gear dipakai saat kecepatan normal atau sedang.

2. Part Time 4WD

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.