Mobil Listrik Subaru STI E-RA, Status Konsep Pakai Mesin Yamaha

Kompas.com - 24/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru menampilkan mobil listrik buatannya, yakni STI E-RA, di Tokyo Auto Salon 2022. Kendaraan ramah lingkungan ini ternyata memiliki jantung dari Yamaha.

Dikutip dari Motopinas.com, Senin (24/1/2022), Yamaha Motor Company akan menjadi pemasok resmi mesin listrik untuk mobil konsep Subaru STI E-RA. Mobil ini sedang dikembangkan untuk penggunaan ajang motorsport di masa depan.

Baca juga: Subaru Hadirkan Dua Mobil Listrik Konsep di Tokyo Auto Salon 2022

STI E-RA sedang dikembangkan oleh Subaru dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman dan praktik teknologi baru di dunia motorsport.

Motor listrik buatan Yamaha yang disematkan pada mobil listrik konsep Subaru STI E-RADok. Motopinas.com Motor listrik buatan Yamaha yang disematkan pada mobil listrik konsep Subaru STI E-RA

Mobil listrik konsep ini dibangun dengan tujuan utama, yaitu mencetak lap time 400 detik atau 6 menit 40 detik di Sirkuit Nürburgring pada tahun 2023. Tenaga yang dihasilkan diklaim setara dengan 1.088 PS.

Menurut Yamaha, mesin listrik terbaru yang digunakan pada STI E-RA dikembangkan menjadi mesin listrik emosional. Berkat teknologi pengecoran dan permesinan Yamaha yang diperoleh melalui pengembangan mesin, adopsi konduktor segmen dengan efisiensi tinggi, dan lainnya, mesin ini mencapai output tinggi dengan ukuran yang ringkas.

Baca juga: Subaru Solterra, SUV Listrik Perdana Kolaborasi dengan Toyota

Pada Juli 2021, Yamaha Motor sudah meninjau ulang Environmental Plan 2050, yang telah dirancang pada 2018. Yamaha menetapkan target baru untuk mencapai netralitas karbon di seluruh aktivitas bisnisnya pada 2050.

Jadi, pada 2050 mendatang, Yamaha menargetkan penurunan emisi hingga 90 persen dibandingkan pada 2010, pada semua kendaraannya. Pengembangan prototipe motor listrik merupakan salah satu inisiatif Yamaha Motor Company untuk mencapai tujuan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.