Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Hal Ini

Kompas.com - 17/01/2022, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pelek menjadi salah satu pilihan pemilik mobil untuk menambah nilai estetika kendaraannya secara instan. Beragam pelek produk aftermarket pun sudah tersedia di pasaran.

Namun, sebelum melakukan penggantian pelek, sebaiknya pemilik kendaraan memperhatikan PCD atau pitch circle diameter.

Pasalnya setiap pabrikan mobil memiliki PCD yang berbeda-beda, sehingga jika PCD-nya tidak sesuai maka pelek juga tidak akan bisa dipasang.

Baca juga: Segmen Classy Yamaha Mulai Dikenalkan, Temani Kategori Maxi

Sebagai informasi, PCD adalah jarak antara lubang baut yang ada pada pelek. Untuk jumlah lubangnya pun tidak hanya empat, ada yang lima, enam dan masih banyak lagi.

Pemilik Permaisuri Ban Wibowo Santosa mengatakan, PCD tak hanya merujuk pada jarak lubang baut pada pelek, namun juga mengacu pada beban dan tenaga mobil.

“Biasanya saat membeli pelek aftermarket akan ditanya PCD-nya berapa. Sebab, setiap mobil memiliki ukuran pelek yang berbeda-beda. Jadi sebaiknya dipahami,” kata dia.

Cara mengukur PCD adalah dengan menarik garis lurus antara dua baut yang posisinya paling terjauh dan dihitung dalam satuan ukur milimeter. Ukuran 100 milimeter (mm) biasanya disebut PCD 100.

“Jika tertulis PCD 4x100 maka maksudnya adalah jumlah baut pada pelek tersebut adalah 4 buah sementara jarak diameter antara bautnya 100mm,” kata Wibowo.

Pelek mobil flow formingFoto: Istimewa Pelek mobil flow forming

Menurutnya, PCD 100 biasanya untuk mobil-mobil kecil. Namun menariknya, angka PCD itu berbeda-beda, ada yang 120, 139, dan sebagainya.

“Saya belum tahu, mungkin karena estetika. Sebab, semakin besar PCD pelek juga terlihat kurang bagus,” kata Wibowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.