Daftar SUV Kompak Terlaris Selama 2021, Raize Menang Telak

Kompas.com - 18/01/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen mobil SUV kompak di Indonesia makin ramai dengan hadirnya duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada April 2021.

Kedua mobil tersebut diluncurkan untuk menjadi kompetitor bagi Kia Sonet dan Nissan Magnite yang juga sudah bermain di kelas ini.

Meski tren segmen SUV kompak tidak seramai low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV), mobil-mobil di kelas ini patut diperhitungkan berkat ditanamnya sejumlah fitur baru termasuk teknologi keselamatan yang mumpuni.

Baca juga: Skutik Retro Yamaha Fazzio Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Test Drive Daihatsu RockyKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Daihatsu Rocky

Menilik data wholesales alias penjualan unit dari manufaktur ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2021, segmen mobil ini berhasil menorehkan total penjualan 36.415 unit.

Menduduki peringkat pertama, Toyota Raize membukukan wholesales sebanyak 22.923 unit. Jumlah tersebut jauh unggul dibandingkan saudara kembarnya, Daihatsu Rocky yang cuma bisa mencatatkan angka 10.737 unit.

Disusul mobil asal Korea Selatan, Kia Sonet, yang jadi peringkat ketiga dengan penjualan 2.321 unit. Terakhir yakni Nissan Magnite hanya berhasil menjual 434 unit.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Sebetulnya, ada pula Renault Kiger yang turut berkompetisi di segmen mobil SUV kompak ini. Sayangnya Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek (APM) Renault sudah tidak lagi tergabung dalam keanggotaan Gaikindo sehingga catatan wholesales-nya tak diketahui.

Selengkapnya, berikut capaian wholesales mobil SUV kompak di sepanjang 2021.

  1. Toyota Raize: 22.923 unit
  2. Daihatsu Rocky: 10.737 unit
  3. Kia Sonet: 2.321 unit
  4. Nissan Magnite: 434 unit
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.