Sasis Bus Hino RN8J, Apakah Segera Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 11/01/2022, 13:01 WIB
Bus buatan Karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 Panorama istimewaBus buatan Karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 Panorama

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar di Instagram foto bus baru yang keluar dari Karoseri Laksana. Bus tersebut berkelir biru dengan tulisan HINO di bagian sampingnya serta ada kode RN8J.

Jika ditelusuri, Hino RN8J tidak ada dalah lini produk sasis bus besar Hino di Indonesia. Untuk sasis bus besar yang dijual di Indonesia baru ada R260, RN 285 dan RN 285 dengan transmisi otomatis.

Sedangkan Hino RN8J bisa ditemui di negara tetangga seperti Australia, Filipina, dan paling jauh ada di Pakistan. Lalu apakah sasis bus ini akan segera mengaspal di Indonesia?

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Awal 2022

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi mengatakan, membahas bus yang keluar dari Karoseri Laksana, hanya dibuat untuk internal Hino Indonesia saja.

“Cuma itu buat internal aja, makanya design-nya tulisan Hino, mirip dengan yang di Jepang,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Kemudian mengenai sasisnya, Prasetyo mengucapkan kalau RN8J merupakan sasis lama dan belum ada yang baru. Memang jika di negara lain, sasis ini sudah hadir sejak sekitar 2013, tapi di Indonesia belum dijual.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

“Yang baru nanti pas launching Euro4, April tahun ini (2022),” ucapnya.

Namun ketika ditanya unit apa yang akan dirilis, Prasetyo masih belum mau membagikan informasi. Setidaknya sasis Hino RN8J di negara lain sudah lolos standar emisi Euro4, bahkan di Australia sudah mengikuti standar Euro5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.