Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasis Bus Hino RN8J, Apakah Segera Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 11/01/2022, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar di Instagram foto bus baru yang keluar dari Karoseri Laksana. Bus tersebut berkelir biru dengan tulisan HINO di bagian sampingnya serta ada kode RN8J.

Jika ditelusuri, Hino RN8J tidak ada dalah lini produk sasis bus besar Hino di Indonesia. Untuk sasis bus besar yang dijual di Indonesia baru ada R260, RN 285 dan RN 285 dengan transmisi otomatis.

Sedangkan Hino RN8J bisa ditemui di negara tetangga seperti Australia, Filipina, dan paling jauh ada di Pakistan. Lalu apakah sasis bus ini akan segera mengaspal di Indonesia?

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Awal 2022

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi mengatakan, membahas bus yang keluar dari Karoseri Laksana, hanya dibuat untuk internal Hino Indonesia saja.

“Cuma itu buat internal aja, makanya design-nya tulisan Hino, mirip dengan yang di Jepang,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Kemudian mengenai sasisnya, Prasetyo mengucapkan kalau RN8J merupakan sasis lama dan belum ada yang baru. Memang jika di negara lain, sasis ini sudah hadir sejak sekitar 2013, tapi di Indonesia belum dijual.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

“Yang baru nanti pas launching Euro4, April tahun ini (2022),” ucapnya.

Namun ketika ditanya unit apa yang akan dirilis, Prasetyo masih belum mau membagikan informasi. Setidaknya sasis Hino RN8J di negara lain sudah lolos standar emisi Euro4, bahkan di Australia sudah mengikuti standar Euro5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com