Kompas.com - 11/01/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor, yang menunjang kenyamanan serta keamanan berkendara. Mengingat hanya ban motor yang menempel ke aspal, sehingga kondisinya perlu diperhatikan dengan baik.

Jika melihat ban motor yang biasa digunakan untuk harian, ada alur-alur di bagian telapaknya. Alur ini pun bentuknya beragam, ada yang membulat, bahkan ada juga yang tajam-tajam tarikan alurnya.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Awal 2022

Alur yang ada pada ban ini bukan sekadar hiasan, tetapi punya fungsi yang tidak kalah pentingnya. Pertama adalah sebagai pembuangan air saat melewati permukaan jalan yang basah.

Technical Service & Development Dept. Head ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, ada juga fungsi penunjang dari alur ban, jadi bukan hanya bermafaat saat kondisi hujan saja.

Ban Motor bagian depanIstimewa Ban Motor bagian depan

“Fungsi lain dari kembangan adalah untuk mengurangi panas dan noise saat ban bergesekan dengan aspal,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain fungsi tersebut, alur ban juga berfungsi untuk melewati jalanan dengan aspal kasar yang penuh kerikil. Jika digunakan di aspal kasar tadi, tentu ada efeknya yang membuat ban cepat aus karena bergesekan dengan permukaan yang kasar.

“Saat ini, pattern atau alur ban juga berfungsi sebagai gaya, makanya banyak berbagai macam pola alur kembangan ban,” kata Jimmy.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Selain itu, alur telapak ban juga memiliki bentuk yang berbeda antara ban depan dan belakang. Motor yang biasanya memiliki model alur telapak yang berbeda antara ban depan dan belakang adalah model sport.

“Kondisi seperti ini dikarenakan fungsi yang berbeda antara ban depan dan belakang. Misalnya ban depan sebagai pengendali arah dan menjaga grip, sedangkan ban belakang berperan penahan beban dan menjaga torsi,” ucap Jimmy.

Ban motor khusus balap MiniGP Ban motor khusus balap MiniGP

Dari kedua fungsi yang berbeda itulah, beberapa produsen ban motor membuat alur yang berbeda untuk ban depan dan belakang. Selain berbeda, ada juga alur ban depan yang tidak searah dengan belakang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.