Jepang Mau Perkuat Kerja Sama Industri Otomotif Indonesia

Kompas.com - 11/01/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Jepang tertarik memperkuat kerja sama dengan mengusulkan Asian Japan Investing for the Future Initiative (AJIF).

Hal tersebut disampaikan Agus usai bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Koichi Hagiuda.

Adapun cakupan area kerja sama antara lain terkait diversifikasi rantai pasok, perkenalan pengembangan dan pemanfaatan teknologi energi terbarukan, sistem manajemen energi, serta kolaborasi studi kelayakan untuk infrastruktur berkualitas.

Selain itu, penerapan teknologi digital pada seluruh lapisan masyarakat, dan pengembangan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kapasitas pemanfaatan teknologi digital juga menjadi bagian.

Baca juga: Cek Harga MPV Murah yang Naik Tanpa Diskon PPnBM di Januari 2022

Menurut Agus, Indonesia sendiri menawarkan implementasi industri 4.0 melalui program New Manufacturing Industry Development Center (MIDEC).

Menperin bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Koichi HagiudaKemenperin Menperin bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Koichi Hagiuda

"Kami ingin memastikan agar program kerja sama yang telah berjalan bisa tetap dilaksanakan serta mengembangkan program-program lainnya," kata Agus dalam keterangan resminya, Senin (10/1/2022).

Agus mengatakan, Jepang juga tertarik memperkuat kolaborasi di sektor industri otomotif. Proyek kerja sama teknis itu bakal melibatkan berbagai institusi mitra Negeri Matahari Terbit, seperti JICA dan METI.

Dengan adanya komitmen itu, Agus berharap pemerintah Jepang menjamin keberlanjutan dan menjaga keselarasan capaian antara proyek. Selain itu, juga mendorong peningkatan investasi di sektor industri otomotif untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi tujuan ekspor.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, industri otomotif merupakan salah satu sektor terpenting dan sebagai kontributor utama terhadap PDB.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maksimalkan fasilitas ekspor Pelabuhan PatimbanDok. ADM PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maksimalkan fasilitas ekspor Pelabuhan Patimban

Ada 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun yang menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38.000 orang.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.