Kompas.com - 11/01/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Buat Anda yang mencari mobil dengan dana terbatas, tak ada salahnya melirik pasar mobil bekas. Di sini konsumen bisa memilih mobil sesuai keinginannya dan menyesuaikan dengan dana.

Menariknya mobil bekas kisaran Rp 70 juta, diklaim paling banyak peminatnya. Terlebih mobil seken di rentang harga ini masih belum terlalu tua.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Awal 2022

Namun perlu diingat, mobil dengan rentang harga Rp 70 Jutaan umumnya merupakan produksi tahun tua antara 10 tahun sampai dengan 20 tahun. Walaupun ada juga mobil produksi tahun mudanya.

Kebanyakan mobil di rentang harga tersebut juga dapat langsung dipakai tanpa perlu banyak perbaikan. Meskipun begitu, pembeli juga wajib teliti pada saat akan membelinya.

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

Terutama jika mobil yang bodinya dalam keadaan kropos atau berkarat. Biaya perbaikan yang dikeluarkan untuk mengembalikan keadaan seperti semula membutuhkan biaya cukup mahal. Belum lagi ketersediaan spare part bodi pasti lebih langka dibanding mesin atau kaki-kaki.

Selain kondisi fisik, pengecekan juga perlu dilakukan pada dokumen kendaraan. Pastikan dokumen lengkap dan memiliki masa pajak yang aktif tanpa tunggakan.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Jika pajak mati tentu saja akan ada biaya tambahan berupa denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor ketika akan membayar pajak tahunan.

Menilik pasar mobil bekas daring pada Senin (10/1/2022), masih banyak pilihan mobil bekas kisaran Rp 70 jutaan. Mulai dari MPV, SUV, Sedan, dan juga City Car.

Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo BaruRizen Panji Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo Baru

Berikut pilihan mobil bekas kisaran harga Rp 70 jutaan:

Baca juga: Bedanya Bus Tingkat PO Agung Sejati dengan Double Decker Adiputro Terbaru

MPV
Toyota Avanza tahun 2011 harga Rp 89,5 juta
Nissan Grand Livina tahun 2012 harga Rp 90 juta
Daihatsu Grand Max MB tahun 2018 harga Rp 87,5 juta
Toyota Kijang tahun 2002 harga Rp 76,5 juta
Nissan Evalia tahun 2013 harga Rp 85 juta
honda Stream tahun 2005 harga Rp 75 juta
Daihatsu Xenia tahun 2011 harga Rp 80 juta
Wuling Confero S tahun 2019 harga Rp 87 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.