Layanan Bus BTS Dihentikan Sementara, Karoseri Lanjutkan Produksi

Kompas.com - 06/01/2022, 18:02 WIB
Bus BTS buatan karoseri Laksana DOK. LAKSANABUSBus BTS buatan karoseri Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan bus Buy The Service (BTS) oleh Kementerian Perhubungan pada awal 2022 memang sedang dihentikan sementara. Hal ini berlaku pada bus BTS di seluruh Indonesia, bukan hanya satu kota saja.

Berdasarkan informasi yang redaksi terima, Kementerian Perhubungan sedang melakukan evaluasi, jadi untuk sementara layanannya dihentikan. Untuk kapan bisa kembali beroperasi, pihaknya masih belum bisa ditentukan.

Sebagian kota memang sudah mengoperasikan bus BTS ini untuk beberapa bulan. Misalnya seperti di Kota Bogor yang sudah beroperasi sejak November 2021.

Baca juga: Daftar Tarif Bus Tujuan Bali dari Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya

Bus BTS buatan karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Bus BTS buatan karoseri Laksana

Selain itu, ada juga di Surabaya yang seharusnya mulai beroperasi pada awal 2022, harus diundur operasionalnya. Lalu bagaimana dengan nasib bus-bus BTS yang masih dibuat di karoseri?

Karoseri Laksana merupakan salah satu pembuat bodi bus yang memproduksi bus untuk beberapa kota. Sebut saja Makassar, Bogor, Banyumas, dan Padang menggunakan bus buatan Karoseri Laksana.

Menurut Informasi dari salah seorang staf Karoseri Laksana, Karoseri tetap memproduksi bus walaupun sedang ada penghentian operasi. Tidak ada pemberhentian produksi bus karena bukan masalah perijinan, jadi tetap bisa sesuai jadwal.

Baca juga: Apa Boleh Sabun Cuci Piring Jadi Alternatif Cairan untuk Wiper?

“Kalau produksi, kami tetap on schedule. Sekarang kita masih menyelesaikan Trans Padang,” ucap salah satu staf kepada Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Kemudian soal bus yang sudah selesai apakah dikirim langsung atau disimpan di gudang Laksana, semuanya kembali lagi ke kebijakan operator. Jadi bisa saja minta untuk dititipkan sementara sampai operasional bus kembali normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.