Apa Boleh Sabun Cuci Piring Jadi Alternatif Cairan untuk Wiper?

Kompas.com - 05/01/2022, 15:41 WIB
Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper. Foto: PeugeotAir wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sabun pembersih khusus tabung air wiper bisa ditemukan di pasaran, masih banyak orang yang menggunakan sabun ini sebagai alternatif pembersih kaca mobil.

Sabun cuci piring secara umum bersifat degreasing atau menghilangkan minyak, sehingga bisa menghilangkan zat berminyak yang menempel pada kaca depan mobil.

Walaupun begitu, belum ada percobaan yang secara konkret menyimpulkan apakah sabun cuci piring benar-benar aman untuk dijadikan alternatif cairan pembersih untuk wiper.

Baca juga: Jangan Pakai Air Keran untuk Wiper Fluid Mobil

"Kan, belum dilakukan percobaan ya, istilahnya. Hasilnya bisa jadi lebih baik, bisa jadi lebih buruk," kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Ia mengatakan, permukaan kaca bisa jadi ternoda atau tergores. Karena, sabun cuci piring tidak diformulasikan untuk membersihkan kaca mobil dan belum tentu baik untuk karet wiper.

"Ini general cairan (sabun cuci piring) ya, saya nggak ngomongin merknya. Tapi maksudnya, kalau cairan itu sebaiknya yang sudah diuji oleh perusahaan atau pembuatnya," kata dia.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Jangan Lupa Periksa Kondisi Karet Wiper

Cairan pembersih yang dibuat khusus wiper menyesuaikan dengan kebutuhan kaca mobil dan karet pada wiper. Sehingga, kaca mobil akan terhindar dari noda atau goresan yang mungkin ditimbulkan jika kaca dibersihkan dengan pembersih lain.

"Kalau di pasaran itu sudah banya, air (pembersih) wipers. Dia suda dilakukan pengujian, terhadap kaca (mobil) ini aman. Terhadap wipers, karetnya ini nggak bikin keras," paparnya.

Selain berefek pada kaca, sabun selain pembersih khusus wiper bisa saja menimbulkan banyak busa, yang pada akhirnya akan mengering dan menyumbat saluran tabung air wiper.

Bambang menyarankan, alternatif terbaik jika pemilik mobil tidak memiliki cairan pembersih wiper, adalah air netral.

"Jadi, kalau memang tidak ada cairan pembersih khusus untuk wiper, sebaiknya air biasa saja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.