Tanpa Kepastian Diskon Pajak, Bagaimana Nasib LCGC di Awal 2022?

Kompas.com - 06/01/2022, 13:31 WIB
Honda Brio Satya IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Brio Satya IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki Januari 2022, harga beberapa mobil yang sebelumnya menikmati diskon pajak 100 persen mulai naik. Hal tersebut lantaran tak ada kepastian soal kelanjutan program relaksasi PPnBM dari pemerintah.

Mulai dengan segmen low multi purpose vehicle (LSUV) alias SUV murah, city car, hatchback, sampai SUV murah. Lantas bagaimana dengan nasib mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC)?

Seperti diketahui, sejak diterapkan kebijakan pajak emisi di Oktober 2021, banderol LCGC harusnya terseret naik 3 persen. Namun Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengeluarkan keputusan yang membuat LCGC masuk dalam daftar penerima relaksasi PPnBM.

Baca juga: Menperin Usul Mobil di Bawah Rp 250 Juta Bebas PPnBM di 2022

Artinya, deretan mobil murah yang dipasarkan Daihatsu, Honda, dan Toyota, harusnya saat ini mengalami revisi harga karena belum ada kepastian kelanjutan PPnBM.

Ilustrasi Toyota CalyaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi Toyota Calya

Bila melihat dari daftar di situs resmi agen pemegang merek (APM) per Januari 2022, Daihatsu rupanya sudah mengerek harga Ayla dan Sigra.

Varian rendah Ayla yang pada Desember lalu dipasarkan Rp 105,3 juta, naik menjadi Rp 107,6 juta. Sementara untuk tipe tertinggi Sigra, dari sebelumnya dijual Rp 165,4 juta kini menjadi 169,2 juta.

Untuk Brio Satya, sampai saat ini harga masih sama dengan akhir 2021 yang dipasarkan mulai dari Rp 153,4 juta sampai Rp 177,4 juta untuk model tertinggi dengan transmisi CVT.

Baca juga: Harga Mobil Toyota Naik, Bagaimana Nasib Konsumen yang Sudah Inden?

Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu AylaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, terkait kenaikan harga imbas PPnBM, pihaknya masih memasarkan LCGC dengan harga lama sambil menunggu regulasi terbaru.

"Brio Satya, kami masih menampilkan harga VIN 2021, karena VIN 2022 masih menunggu regulasi baru dikeluarkan untuk 3 persen pajaknya. Akan kami update segera setelah aturannya keluar," ujar Billy kepada Kompas.com, Rabu (5/1/2022).

Selain Honda, Toyota juta masih mematok harga yang sama untuk duet mobil murahnya, yakni Agya dan Calya. Melihat dari harga, belum ada yang berubah pada tiap varian yang disajikan.

Baca juga: Honda Kerek Harga HR-V 1.5, Brio RS, dan City Hatchback RS

Daihatsu SigraADM Daihatsu Sigra

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.