Pelanggar Ganjil Genap di Kawasan Wisata Bakal Kena Sanksi Tilang Progresif

Kompas.com - 31/12/2021, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna membatasi kerumunan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 pada saat malam tahun baru (2022), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan akan menerapkan sistem ganjil genap untuk membatasi mobilitas masyarakat di tempat wisata.

Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga akan memberikan sanksi tilang progresif di sekitar tempat wisata saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabagops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto mengatakan, setiap pengendaraa yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai dengan jumlah pelanggaran yang dilakukan. Artinya, denda berlaku kelipatan berapa kali melakukan pelanggaran.

Baca juga: Jalur Puncak Dialihkan Via Jonggol-Sukabumi Jelang Malam Tahun Baru

Tak hanya itu, polisi juga akan menilang setiap jenis pelanggaran lainnya, misal pelanggar batas kecepatan maksimal, pelanggaran jika bermain handphone sambil menyetir, hingga pelanggaran jika ada truk yang kelebihan muatan kapasitas atau overload over dimension (ODOL).

Personel TNI  berjaga saat penyekatan jalan aksi Reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Polda Metro Jaya menyebut bahwa kegiatan Reuni 212 tidak bisa digelar lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak mengeluarkan rekomendasi dan izin penggunaan lokasi reuni.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Personel TNI berjaga saat penyekatan jalan aksi Reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Polda Metro Jaya menyebut bahwa kegiatan Reuni 212 tidak bisa digelar lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak mengeluarkan rekomendasi dan izin penggunaan lokasi reuni.

“Kalau jalan (Tol) Cikampek empat kali melanggar batas kecepatan maksimum artinya denda yang diterapkan empat kali jenis pelanggarannya,” ucap Dodi kepada Kompas.com, Jumat (31/12/2021).

Adapun untuk lokasi jalan ganjil genap di sekitar tempat wisata diatur oleh masing-masing polda dan jajarannya.

Sementara itu, Dodi melanjutkan, sistem ganjil genap dan sanksi tilang di jalan sekitar kawasan wisata ini akan berlaku hingga 2 Januari 2022.

“Aturan ini akan berlaku selama 24 jam setiap harinya,” kata dia.

Baca juga: Kategori Kendaraan yang Boleh Melintas di Kawasan Crowd Free Night di Jakarta

Di Jakarta sendiri, penerapan ganjil genap tersebut dilakukan di tiga lokasi wisata yakni di Ancol, TMII, dan Ragunan.

Aturan ini akan dilakukan selama tiga hari, mulai Jumat 31 Desember pukul 13.00 WIB hingga Minggu 2 Januari 2022 pukul 18.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.