Ini 3 Kawasan Wisata di Jakarta yang Memberlakukan Ganjil Genap Saat Libur Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2021, 06:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna membatasi kerumunan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 pada saat malam tahun baru (2022), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan akan menerapkan sistem ganjil genap untuk membatasi mobilitas masyarakat di tempat wisata.    

Hal ini diungkapkan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Ia mengatakan, penerapan ganjil genap tersebut dilakukan di tiga lokasi wisata yakni di Ancol, TMII, dan Ragunan.      

Baca juga: Vespa Elettrica RED, Kolaborasi Ketiga Organisasi Kesehatan                

Penerapan ganjil genap ini akan dilakukan selama tiga hari sejak Jumat 31 Desember hingga Minggu 2 Januari 2022.

Seorang polantas mengarahkan pengendara motor berpelat genap agar putar balik karena aturan ganjil genap di jalan arah wisata Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/10/2021). KOMPAS.COM/ IRA GITA Seorang polantas mengarahkan pengendara motor berpelat genap agar putar balik karena aturan ganjil genap di jalan arah wisata Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/10/2021).

“(Kami) akan memberlakukan ganjil genap di 3 wisata tersebut, mulai dari Jumat, pukul 13.00 WIB sampai Minggu 18.00 WIB,” ucap Sambodo, Kamis, 30 Desember 2021.

Sambodo melanjukan, hal itu perlu dilakukan guna mengantisipasi kerumunan ditengah pandemi Covid-19. Terlebih ketiga lokasi wisata tersebut dibuka seperti biasa untuk menerima pengunjung.

“Mereka (tempat wisata) akan buka pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB,” katanya.

Baca juga: Bahaya Penumpang Hadap Belakang, Bikin Motor Enggak Stabil            

Tak hanya penerapan ganjil genap di tiga lokasi wisata, Polda Metro juga menerapkan crowd free night (CFN) di 11 kawasan di Jakarta. Kebijakan ini dilakukan sejak pukul 22.00 hingga 04.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.