Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Pemotor di Jalan, Putar Balik Sembarangan

Kompas.com - 30/12/2021, 20:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak penyakit pengendara sepeda motor di jalan raya, mulai dari tidak nyalakan sein saat belok, melawan arah, hingga putar balik di sembarang tempat.

Seperti dalam video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengendara mobil terhalang pemtor yang putar baik tidak di tempatnya sehingga menimbulkan kebingungan.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Durasi Aman Saat Berkendara Jarak Jauh

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

"Kebiasaan buruk. Putar balik pada tempatnya gak akan makan waktu sampe 5 menit. Tolong bapak-bapak yang berwenang mohon perempatan Komsen ini dilakukan penataan," tulis penjelasan di video dikutip Kamis (30/12/2021).

Selain soal tempat putar balik, melakukan manuver putar balik perlu perhitungan, keseimbangan, dan keahlian. Jika melebar bisa berbahaya karena rawan tertabrak kendaraan lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tips pertama yang harus diketahui pengendara adalah harus bisa mengendalikan keseimbangan dan membuka gas dengan tepat.

Baca juga: [VIDEO] Lexus UX300e, Tes Mobil Listrik Ke Luar Kota Lahap 600 km

AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com AHM Safety Riding dan Training Center

"Lingkaran saat putar balik jadi tidak melebar. Motor juga harus agak miring ke dalam dan postur badan keluar sehingga keseimbangan motor dapat terjaga,” ucap Agus.

Langkah selanjutnya adalah membuka gas secara perlahan saat akan lepas dari putaran. Hal ini dilakukan agar ban depan tidak selip yang nantinya bisa membuat pengendara kehilangan keseimbangannya.

“Terakhir, gunakan rem belakang untuk mengontrol keseimbangan motor. Jika menggunakan rem depan, kemungkinan ban depan akan mengunci sehingga tergelincir karena posisi motor yang tidak lurus,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com