Bahaya Penumpang Hadap Belakang, Bikin Motor Enggak Stabil

Kompas.com - 30/12/2021, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi pembonceng atau penumpang motor tidak bisa sembarangan. Jika salah posisi duduk, penumpang tadi malah bisa membahayakan dirinya dan si pengendara.

Misalnya seperti video yang diunggah akun Hujat Baper di Instagram. Pada video tersebut terlihat seorang wanita yang menghadap ke belakang ketika menjadi penumpang motor.

Mungkin penumpang tadi merasa naik motor menghadap belakang akan aman-aman saja. Apalagi jika jaraknya dekat, penumpang kerap menyepelekan bagaimana posisi pembonceng yang benar.

Baca juga: Yamaha Segarkan MX King, Pakai Mesin dan Fitur Baru

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by hujatbaper (@hujatbaper)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, bahaya yang bisa terjadi saat penumpang menghadap ke belakang adalah dia bisa kehilangan keseimbangan badannya karena tidak melihat ke arah depan.

“Sehingga ketika pengendara melakukan manuver belok atau miring, penumpang tadi jadi kaget dan bisa berakibat kecelakaan. Ketika motor kehilangan keseimbangan, maka kemungkinan bisa terjatuh,” kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Cara jadi penumpang yang benar saat naik motor adalah duduk menghadap depan tepat di belakang pengendara. Kemudian tangan berpegangan ke pengendara dan lutut menempel ringan ke pinggul orang di depannya dan kaku berada di foot step.

Baca juga: Bahaya, Jangan Menggelar Kasur di Kabin Mobil Saat Pergi Berlibur

“Yang paling penting agar motor stabil dan seimbang adalah ketika pengendara melakukan manuver miring kanan atau kiri, pembonceng juga harus bisa mengikuti postur pengendara,” ucap Agus.

Kalau pembonceng menghadap ke belakang, maka dia tidak bisa mengikuti gerakan pengendara. Hal ini yang membuat motor tidak stabil, pengendara jadi kagok dan bisa berujung terjatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.