Tahun Depan Suzuki Siap Genjot Penjualan Motor Matik

Kompas.com - 30/12/2021, 20:11 WIB
Suzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan Smash Stanly/KompasOtomotifSuzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan Smash
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar sepeda motor dalam negeri mengalami peningkatan jelang akhir tahun. Tercatat pada Oktober 2021 penjualan motor mencapai angka 444.726 unit, sementara pada November lalu menjadi 463.586 unit.

Berdasarkan data yang dirilis AISI, penjualan sepeda motor domestik secara total telah mencapai 4.669.719 unit sejak Januari-November 2021.

Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, penjualan motor tahun 2022 diprediksi akan lebih baik dibandingkan tahun ini.

Baca juga: Viral Video Pemilik Mobil Marah Usai Ditabrak Motor Ugal-ugalan

Suzuki Nex II dengan warna baru Suzuki Nex II dengan warna baru

“Untuk target, kami memprediksi penjualan di tahun 2022 akan berhasil di atas pencapaian penjualan tahun 2021,” ujar Agha, kepada Kompas.com (29/12/2021).

Menurut Agha, peningkatan penjualan pada tahun depan dipicu bertumbuhnya pasar sepeda motor pada semester kedua tahun 2021.

“Prediksi yang diberikan oleh AISI untuk tahun 2022 adalah sebesar 5,4 juta unit, dan untuk tipenya masih akan didominasi oleh sepeda motor matik,” ucap Agha.

Baca juga: Pengemudi Harus Tahu, Ini Jam Rawan Saat Berkendara

Suzuki Satria F150Foto: KOMPAS.com/Stanly Ravel Suzuki Satria F150

Seperti diketahui, pada periode Januari-Februari 2021, penjualan scooter berkontribusi 87,51 persen secara akumulatif.

Di urutan kedua, terdapat underbone sebanyak 6,36 persen. Lalu segmen sport berada tipis di bawahnya 6,12 persen.

Meski begitu, anomali justru terlihat dari perolehan Suzuki. Di mana model terlaris masih dikuasai tipe underbone, diikuti skutik, lalu sport.

Baca juga: Batch Pertama Suzuki Gixxer SF250 Sudah Habis Terjual

Suzuki Burgman 150GREATBIKER.com Suzuki Burgman 150

Tercatat, penjualan Suzuki saat ini didominasi oleh model Suzuki Satria sebesar 40 persen, kemudian Suzuki Nex II di kisaran 30 persen, dan Suzuki GSX 150 series yang berkisar di angka 20 persen dari total keseluruhan penjualan.

Dengan banyaknya penjualan skutik seperti data yang dikeluarkan AISI, Suzuki disinyalir bakal memperkuat segmentasi di kelas skutik. Salah satunya dengan menghadirkan skutik berkapasitas 150 cc atau lebih pada tahun depan.

"Kami terus melakukan upaya untuk dapat menghadirkan skutik besar ke Indonesia, karena kondisi marketnya yang sangat menarik," kata Agha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.