Korlantas Polri Terjunkan 12 Unit ETLE Mobile Selama Nataru

Kompas.com - 28/12/2021, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menerjunkan 12 unit Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile di sejumlah wilayah guna mengoptimalkan pengamanan lalu lintas selama Libur Nataru.

Seperti yang sudah diketahui, ETLE Mobile merupakan pengembangan lebih lanjut dari ETLE konvensional. Alih-alih bersifat fixed point alias tetap di posisi tertentu, ETLE Mobile bergerak dinamis.

Sebab, kamera dan perlengkapan pendukung pada ETLE Mobile dipasang pada mobil patroli kepolisian. Dengan begitu jangkauan area pengamanan bisa lebih luas dibanding ETLE biasa yang hanya mengandalkan CCTV.

Baca juga: Toyota Fortuner Vs Pajero Sport, Mana yang Lebih Unggul?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri)

ETLE Mobile turut dilengkapi teknologi modern seperti artificial intelligent (AI) yang bisa menangkap gambar pelanggar aturan lalu lintas.

Dalam keterangan resminya, Sabtu (25/12/2021), Plt Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Dodi Darjanto menyebutkan sejumlah pelanggaran lalu lintas yang bisa dicatat oleh ETLE Mobile.

Di antaranya yakni pelanggaran batas kecepatan maksimal kendaraan, pelanggaran illegal overtaking atau menyalip kendaraan lain tidak sesuai aturan, pelanggaran ganjil genap di daerah tertentu, pengendara yang menggunakan ponsel, hingga angkutan barang over dimension over loading (ODOL).

Baca juga: Selisih Rp 4 Jutaan, Mending Veloz Tipe Tertinggi atau Sienta?

Mobil Patroli Ditlantas Jatim yang akan dipasang perangkat INCARAnton Mobil Patroli Ditlantas Jatim yang akan dipasang perangkat INCAR

Hasil tangkapan gambar pelanggaran melalui ETLE Mobile akan masuk dalam pusat data. Nantinya pelanggar akan dikenakan sanksi tilang secara progresif.

Diharapkan adanya ETLE Mobile dengan jangkauan area pengawasan yang lebih luas bisa menekan angka kecelakaan sekaligus fatalitas. Kualitas keselamatan jalan juga dapat lebih ditingkatkan.

Hingga saat ini, Korlantas Polri sudah menerjunkan 12 unit ETLE Mobile di sejumlah wilayah seperti ruas Tol Jakarta-Merak, Tol Dalam Kota, Tol Cikampek, Tol Cipularang, Tol Cipali, Tol Jagorawi, Tol Semarang Solo-Yogya, Tol Semarang-Surabaya, hingga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.