Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas

Kompas.com - 28/12/2021, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lalu sempat viral di media sosial terkait pengakuan warga yang kaca spion mobilnya dipecahkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Tol Jagorawi.

Dalam rekaman video yang diunggah pada akun @taufan_gilbert, pengendara nampak berkendara sambil merekam.

Sesaat kemudian, pengendara motor yang merupakan iring-iringan Paspampres melintas dari arah kanan sambil mengetuk kaca spion mobil sampai pecah, kemudian mengarahkan mobil agar menepi ke kiri.

Tak terima dengan aksi pemecahan kaca spion yang dilakukan anggota Paspampres, pengendara mobil langsung mangadu kepada Jokowi dalam unggahan videonya tersebut.

Baca juga: Selisih Rp 4 Jutaan, Mending Veloz Tipe Tertinggi atau Sienta?

"Pak Jokowi tolong pak itu. Pak rombongannya lewat-lewat saja, engga usah ngerusak spion juga kali pak. Ini bagaimana ini pak spion saya rusak gara-gara rombongan Bapak," kata dia.

 

Setelah video rekaman viral di media sosial, akhirnya Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, angkat bicara terkait aksi pemecahan spion mobil tersebut.

@pojoksatu.id

Viral Paspampres pecahkan kaca mobil penghalang rombongan Jokowi. Selengkapnya klik baca artikel dari ##pojoksatu ##tiktokberita

? suara asli - Pojoksatu

Mengutip Nasional.Kompas, Heru menjelaskan bila peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (25/12/2021) saat rombongan Jokowi akan balik ke Istana Bogor dari Jakarta. Paspampres sudah mencoba memberikan peringatan sebelumnya agar pengendara menyingkir ke lajur kanan guna memberikan jalan.

Atas insiden tersebut, Heru mengatakan pengendara mobil sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf karena telah menghalangi jalan rombongan presiden. Di lain sisi, pengendara juga sudah mendapat ganti rugi atas kerusakan spion tersebut.

Baca juga: Diskon SUV Murah Akhir Tahun, BR-V Tembus Rp 30 Juta

Belajar dari kasus tersebut, penting diketahui bila rombongan presiden masuk dalam daftar prioritas utama dari tujuh jenis kendaraan di jalan raya.

Iring-iringan Presiden Joko WidodoKOMPAS.com Iring-iringan Presiden Joko Widodo

Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dalam pasal 134 mengenai kendaraan yang mendapatkan prioritas, yakni :

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.