Mobilio dan BR-V Bisa Tidak Dapat Diskon PPnBM Permanen

Kompas.com - 14/12/2021, 08:22 WIB
Honda di IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda di IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan untuk menerapkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) khusus beberapa mobil baru guna merangsang daya beli.

Direncanakan untuk berlaku mulai tahun depan, terdapat beberapa syarat utama yang harus dipenuhi oleh merek otomotif supaya mendapat insentif tersebut, seperti local purchase minimum 80 persen.

Merujuk Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1737 Tahun 2021 tentang kendaraan PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP), hanya ada 11 model yang memenuhi syarat, diantaranya Brio Satya dan HR-V 1.8L.

Baca juga: Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu

Honda BR-VKOMPAS.com Honda BR-V

Model Honda lainnya seperti Mobilio, CR-V, HR-V 1.500 cc, City Hatchback, bahkan generasi terbaru BR-V juga tidak tercantum karena dianggap bahwa tingkat local purchase-nya masih di level 70-76 persen.

Menanggapi hal tersebut, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku akan terus kejar syarat terkait, sembari menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

"Untuk rencana PPnBM-DTP permanen dengan syarat local purchase 80 persen akan kami pelajari setelah mendapatkan lebih detil peraturannya untuk waktu dan petunjuk pelaksana lainnya," kata dia saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Tidak Termasuk Avanza

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

"Karena tujuannya baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara umum melalui industri otomotif, maka kami sebagai APM selalu komitmen untuk menambah kandungan lokal secara berkala," lanjut Yusak.

Namun, ia tidak menyebut secara spesifik model mana yang akan diberikan prioritas untuk mengejar syarat itu. Hanya saja disebutkan bila BR-V baru kini local content-nya sudah lebih dari 80 persen.

"Sepengetahuan kami, pemerintah masih mengevaluasi PPnBM-DTP yang sedang berjalan sekarang ini untuk cost dan benefit-nya, supaya kebijakan ke depan akan terus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif," katanya.

Diketahui, setelah secara resmi dihadirkan pada beberapa waktu lalu kini HPM menyingkap harga resmi dari BR-V terbaru lewat pameran GIIAS 2021.

Baca juga: Korlantas Tanggapi Perbedaan Ujian SIM C di Indonesia dan Negara Lain

Honda BR-VKompas.com Honda BR-V

Yusak menyebut, harga resmi BR-V ini, sudah berdasarkan penghitungan Pajak Emisi atau PPnBM atas emisi karbon kendaraan terbaru serta tanpa ada diskon PPnBM. Harga berlaku efektif mulai Januari 2022, ketika mobil mulai dipasarkan ke konsumen.

Berikut rincian harga resmi All New Honda BR-V OTR Jakarta:

BR-V S M/T - Rp 275,9 juta 
BR-V E M/T - Rp 289,9 juta
BR-V E CVT - Rp 299,9 juta
BR-V Prestige CVT - Rp 321,9 juta
BR-V Prestige with Honda Sensing CVT - Rp 339,9 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.