Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Tidak Termasuk Avanza

Kompas.com - 13/12/2021, 08:02 WIB
Toyota All New Avanza KOMPAS.com/STANLY RAVELToyota All New Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com – Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang sedianya berakhir pada 31 Desember 2021, kabarnya bakal berlaku permanen pada 2022.

Namun, Kementerian Perindustrian mengajukan syarat utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan subdisi dari pemerintah, yakni memiliki kandungan lokal atau local purchase minimal 80 persen.

Melihat salinan Keputuan Menteri Perindustrian No. 1737 Tahun 2021 tentang kendaraan bermotor dengan PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP), ada 36 mobil yang bisa menikmati insentif tersebut dengan local purchase minimal 60 persen.

Baca juga: Catat, 4 Ruas Tol Ini Berlakukan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.Dok. TAM Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.

Namun, kalau syarat local purchase dinaikkan menjadi 80 persen, mobil-mobil penerima diskon PPnBM berkurang menjadi 11 model saja.

“Tentu terima kasih dukungan pemerintah untuk industri otomotif nasional di 2021 ini, dan tentu juga harapannya di 2022,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, kepada Kompas.com (12/12/2021).

“Di tengah kondisi pandemi dan ekonomi yang masih dinamis, perlu kita apresiasi support pemerintah ini,” kata dia.

Baca juga: Pengemudi Ini Lupa Tutup Sunroof Saat Parkir, Air Hujan Masuk ke Dalam Kabin

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Dari merek Toyota, tercatat hanya ada empat model yang memenuhi persyaratan. Antara lain Veloz (83 persen), Kijang Innova 2.0 (83 persen), Agya (85 persen), dan Calya (85 persen). Sementara Avanza tidak masuk daftar tersebut.

Mengenai hilangnya Avanza dari daftar penerima diskon PPnBM, Anton mengatakan, pihaknya masih mempelajari rencana penerapan insentif PPnBM permanen.

“Detail model yang ikut dalam insentif ini, perlu kami diskusikan dan cek lebih mendalam seperti apa aturannya,” ucap Anton.

Baca juga: Ini Alasan Bus UHD Wajib Pakai Sasis Tronton

Suasana booth Toyota di GIIAS 2021.Dok. TAM Suasana booth Toyota di GIIAS 2021.

Berikut ini daftar mobil calon penerima diskon PPnBM permanen pada 2022:

1. Toyota Veloz 83 persen
2. Toyota Kijang Innova 2.0 83 persen
3. Toyota Agya 85 persen
4. Toyota Calya 85 persen
5. Daihatsu Sigra 85 persen
6. Daihatsu Ayla 85 persen
7. Mitsubishi Xpander 80 persen
8. Mitsubishi Xpander Cross 80 persen
9. Nissan Livina 80 persen
10. Honda HR-V 1.8L 84 persen
11. Honda Brio Satya 91 persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.