Daftar Mobil Terlaris November 2021, Xpander Tergeser dari 10 Besar

Kompas.com - 14/12/2021, 08:02 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih secara nasional terus menunjukkan tren pemulihan usai sempat melambat imbas pandemi Covid-19 tahun lalu.

Hal tersebut sejalan dengan diterbitkannya beberapa kebijakan untuk bisa merangsang daya beli masyarakat seperti melalui insentif PPnBM-DTP dan terhelatnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Diolah dari data wholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat distribusi mobil di November 2021 mampu mencapai 87.435 unit, naik 15,7 persen dari bulan lalu.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia Kembali Bangkit Jelang Akhir Tahun

Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).KOMPAS.com/Stanley Ravel Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).

Torehan itu pula menunjukkan peningkatan hingga 62,4 persen dibanding periode sama tahun lalu atau dari 53.834 unit.

Kondisi tersebut tak dinikmati secara merata pada seluruh model kendaraan yang dipasarkan di Indonesia. Pada beberapa produk di dalam negeri, ternyata ada yang mengalami perlambatan.

Beberapa diantaranya ialah Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max PU, hingga Mitsubishi Xpander. Bahkan, mobil keluarga andalan Mitsubishi itu sampai terlempar dari daftar 10 besar mobil terlaris di Indonesia.

Adapun secara keseluruhan daftar mobil terlaris didominasi merek Toyota, yakni Toyota Rush di posisi pertama, Toyota Innova di posisi kedua, Toyota Veloz di posisi empat, sampai Toyota Fortuner di posisi sembilan.

Baca juga: Pergeseran Tren Mobil Keluarga Jadi Ala-ala SUV

-- -

Secara rinci, Rush yang berhasil tumbuh 18 persen dari Oktober, pada November lalu tetap berada di posisi puncak dengan capaian 6.285 unit. Tepat menempel pada urutan selanjutnya, ada Kijang Innova yang melesat dari posisi keenam.

Torehan ini sejalan dengan peningkatan penjualannya yang positif 41,5 persen dari Oktober 2021 lalu.

Lantas di posisi ketiga, ada Suzuki Carry dengan torehan 5.127 unit, cukup jauh jaraknya dari posisi keempat yang diisi Veloz dengan 4.210 unit dan Avanza 3.947 unit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.