Alasan Kenapa Lampu Kabin Mobil Dimatikan Saat Mengemudi di Malam Hari

Kompas.com - 14/12/2021, 06:41 WIB
Lampu pada kabin mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaLampu pada kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur penerangan pada mobil tidak hanya disematkan pada bagian eksterior saja, namun pada interior juga terdapat fitur penerangan yang disebut dengan lampu kabin atau lampu ruangan.

Lampu ruangan umumnya terletak di dalam kabin dan berada di bagian tengah mobil. Pada sebagian mobil, lampu ruangan tidak hanya terdapat satu, tetapi dua, yaitu di tengah dan dibelakang.

Baca juga: Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Tidak Termasuk Avanza

Sesuai dengan namanya, lampu kabin atau lampu ruangan berfungsi untuk menerangi interior atau menerangi ruang penumpang pada saat malam hari sehingga tidak kegelapan di dalam mobil.

Lampu ini juga bisa digunakan sebagai indikator penanda apabila ada pintu mobil yang belum tertutup rapat, sehingga pengemudi tidak langsung memacu mobilnya.

Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.express.co.uk Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa, sebaiknya lampu kabin mobil tidak selalu dinyalakan ketika mengemudi pada malam hari demi alasan keselamatan.

Baca juga: Parkir di Bahu Jalan, Sedan Mewah Pengusaha Muda Dicoret-coret

“Pada malam hari keadaan di luar mobil lebih gelap, kemampuan pengelihatan keluar dapat terganggu karena adanya pantulan cahaya dari dalam mobil,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Lampu kabin yang menyala dapat memantul melalui permukaan interior mobil. Akibatnya mata akan terfokus pada area kabin daripada ke depan.

Menurut dia, pada malam hari, pupil mata akan berubah ukurannya sesuai intensitas cahaya yang masuk. Saat lampu kabin dihidupkan, pupil akan mengecil dan membuat intensitas cahaya yang masuk lebih sedikit.

Mengemudi malam hari, harus bijaksana!indiandrives Mengemudi malam hari, harus bijaksana!

Tidak hanya itu, menurutnya membiarkan lampu kabin mobil tidak menyala saat mengemudi pada malam hari juga jadi tindakan preventif agar terhindar dari potensi kejahatan.

Sebab apabila lampu kabin menyala, semua yang ada di dalam kabin mudah terlihat dari sisi luar. Hal ini akan memudahkan pelaku kejahatan untuk memahami situasi dalam kabin.

Baca juga: Cerita Baterai Remote Keyless Habis, Vario Langsung Mogok

Pancaran lampu kabin yang menyala juga membahayakan pengguna jalan lain pada malam hari. Saat mata pengemudi terfokus ke arah depan, dan melihat adanya mobil yang melaju berlawanan dengan kabin yang terang, konsentrasi bisa terpecah.

Selain itu, jika menyalakan lampu kabin terus menerus akan berpengaruh pada aki yang beban kerjanya jadi lebih berat, walau hal tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.