Kompas.com - 13/12/2021, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza sudah mengandalkan busi tipe iridium. Namun demikian, masih banyak yang menggantinya dengan busi nikel dengan alasan harga yang lebih terjangkau.

Sekarang ini, MPV seperti Avanza, Veloz, atau Daihatsu Xenia sudah menggunakan busi tipe iridium. Tak sedikit pemilik mobil tersebut yang mengeluh saat harus servis dan mengganti businya.

Sebab, untuk penggantian busi satu set yang terdiri dari empat busi, biaya yang dikeluarkan dapat mencapai Rp 400.000.

Baca juga: Ketahui Dampak Pasang Busi Mobil Tidak Sesuai Spesifikasi Mesin

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, harga busi Avanza adalah Rp 90.000. Berarti, jika satu set harganya Rp 360.000.

Ilustrasi busi mobiltoyota.astra.co.id Ilustrasi busi mobil

"Iya (lebih mahal dari busi nikel), karena iridium," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Akhirnya, banyak yang beralih menggunakan busi biasa yang menggunakan material nikel. Sebab, harga yang ditawarkan sangat terjangkau, ada di kisaran Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, secara durabilitas, busi dengan logam mulia lebih tahan lama dibanding busi nikel.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kualitas BBM Pengaruhi Usia Busi Mobil?

"Untuk durability, NGK membaginya berdasarkan jenis produk. Iridium IX bisa sampai tiga kali tahan lama dibanding nikel," kata Diko.

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

Diko menambahkan, busi nikel dapat bertahan hingga 20.000 km. Artinya, busi iridium usia pakainya bisa sampai 60.000 km.

Jadi, dalam penggantian busi satu set, menghabiskan biaya hingga Rp 200.000. Sebab, harga busi nikel satuannya sekitar Rp 50.000 dan dikali empat silinder.

Untuk mencapai 60.000 km, pemilik mobil harus melakukan penggantian busi sebanyak tiga kali. Berarti, total biayanya jika dikali tiga dapat mencapai Rp 600.000.

Ilustrasi Busi www.carid.com Ilustrasi Busi

Sementara jika menggunakan busi tipe iridium, untuk mencapai 60.000 km hanya mengeluarkan biaya Rp 360.000 hingga Rp 400.000.

Meskipun mahal di awal, tapi jika dihitung dengan jarak tempuh yang sama, maka busi iridium lebih murah dibandingkan busi nikel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.