Remote Keyless Motor Tidak Nyala Usai Ganti Baterai, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 13/12/2021, 18:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Teknologi smartkey atau remote keyless di mana sepeda motor tidak membutuhkan kunci konvensional memang masih terbilang canggih. Belum semua motor mengadopsi teknologi ini.

Sebab, sistem kerjanya seperti remote, tentu perangkat ini membutuhkan baterai sebagai penyuplai dayanya. Umumnya baterai standar yang terpasang bisa bertahan 2-3 tahun dengan syarat merupakan produk asli.

Baterai dengan daya yang sudah lemah biasanya menunjukkan tanda berupa sulit menyala atau lampu indikator yang nampak redup. Jika tanda tersebut sudah muncul, segera ganti baterainya.

Baca juga: Wanita Ini Paksa Mundur Sedan Pakai Strobo yang Melawan Arus

Namun, terkadang ditemukan kasus usai baterai remote diganti, piranti ini masih tidak bisa berfungsi. Bahkan ketika baterai sudah dipastikan merupakan produk asli.

Menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha, kasus tersebut bisa jadi disebabkan karena sistem elektrik dari remote memang sudah mengalami kerusakan.

Fitur Smartkey di Yamaha FreegoKompas.com/Setyo Adi Fitur Smartkey di Yamaha Freego

"Jika ada kejadian seperti itu, bisa disebabkan elektrikal dari remote bermasalah. Yang biasa terjadi karena remote jatuh terbanting atau terendam air," ujar Dwi kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Tidak Termasuk Avanza

Ia meragukan remote keyless bisa rusak hanya karena lama tidak diganti baterainya. Sebab hal tersebut bukan faktor penyebab terjadinya kerusakan remote.

Butuh pemeriksaan oleh teknisi untuk mengetahui penyebab pasti remote keyless sepeda motor bisa tidak berfungsi meski sudah dipasang baterai baru. Jika memang terbukti rusak akibat dua faktor yang disebutkan sebelumnya, maka solusinya hanyalah mengganti dengan remote baru.

Dwi menyebutkan, harga remote keyless untuk sepeda motor bisa berbeda tergantung modelnya. Ia mencontohkan untuk Yamaha Nmax, banderol remote keyless-nya berkisar di angka Rp 553.000. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.