Inden sampai 2022, Kona Mendominasi Penjualan Mobil Listrik Hyundai

Kompas.com - 09/12/2021, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua mobil listrik Hyundai, Ioniq dan Kona, rupanya masih mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dari sisi pemesanan yang terus berkembang.

Bahkan, bagi yang tertarik untuk meminang keduanya harus ekstra sabar menanti karena unitnya inden hingga tahun depan.

"Kita punya Kona dan Ioniq itu, saat ini indennya sekitar satu sampai dua bulan. Lama menunggu itu juga terkait faktor pilihan warna yang diinginkan konsumen," ucap Makmur, Chief Operating Officer (COO) PT HMID, kepada media di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Meski tak menyebutkan sudah berapa unit yang terpesan sampai saat ini, namun Makmur mengklaim dari sisi penerimaan, mayoritas masyarakat lebih memilih Kona.

Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.

Selain karena faktor pilihan warna, salah satu yang membuat konsumen sedikit lama untuk mendapatkan unit Kona dan Ioniq lantaran masalah waktu yang sudah mendekati akhir tahun.

"Antara Ioniq dan Kona itu komposisinya masih tinggi Kona, karena memang rata-rata konsumen Indonesia lebih suka dengan SUV. Kira-kira itu 65 persen Kona, sisanya 35 persen Ioniq," ujar Makmur.

"Inden bukan dari sisi produksi, tapi karena waktu yang tanggung sudah mau ganti tahun jadi nanti kita berikan ke konsumen dengan VIN 2022 sekaligus, jadi semua tipe itu sekarang memang inden," lanjutnya.

Baca juga: Solo Kini Turut Punya SPKLU, Berapa Tarifnya?

Seperti diketahui, Hyundai Ioniq dilengkapi motor listrik berdaya 100 kW atau setara dengan 136 tk dan torsi 295 Nm. Motor listrik tersebut menyalurkan tenaga dari baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW.

Ilustrasi platform mobil listrik HyundaiKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi platform mobil listrik Hyundai

Untuk Kona, dibekali motor listrik yang mampu menyuplai tenaga sebesar 136 ps atau setara 134 tk dengan torsi maksimal mencapai 395 Nm. SUV listrik Korea Selatan ini dipasarkan sebesar Rp 697 juta on the road Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.