Kompas.com - 08/12/2021, 16:12 WIB
 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) Dok. PLN Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero)

SOLO, KOMPAS.com - Warga Kota Solo kini bisa ikut berbangga diri, sebab sudah resmi memiliki fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang pertama.

Lebih detail, SPKLU tersebut berlokasi di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta atau yang kerap disebut dengan kantor PLN Purwosari.

SPKLU di Kantor PLN UP3 Surakarta ini sudah mulai beroperasi sejak November 2021 dan bisa digunakan selama 24 jam penuh.

Dalam keterangannya, Senin (6/12/2021), Manajer Pemasaran Pelanggan PLN UP3 Surakarta Irfan Affandy mengatakan, konsumen bisa langsung melakukan pengecasan kendaraannya di SPKLU tersebut.

Baca juga: Banyak yang Tidak Tahu Fungsi Kotak Hitam di Atas CVT Honda BeAT

Untuk registrasi pembayarannya sendiri menggunakan aplikasi Charge.IN yang bisa dipasang di ponsel masing-masing. Transaksinya dilakukan secara nontunai melalui LinkAja.

"pengisian baterai DC cukup dengan Scan QR Code yang tersedia di SPKLU, lalu masukkan berapa kWh yang akan diisikan ke mobil listrik dan akan terlihat berapa biaya yang harus dibayar," kata Irfan.

SPKLU ini menggunakan piranti 25 kW dengan rata-rata waktu pengisian daya dari 0-100 persen sekitar 2 jam. Untuk biayanya, Irfan menyebutkan rata-rata pengisian dari 50 persen ke 100 persen tidak lebih dari Rp 70.000.

Baca juga: Aerox 155 Edisi Khusus Yamaha x Prostreet Laku dalam 5 Menit

PLN Siapkan 6 SPKLU Fast Charging di Jawa Tengah pada 2022

Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLNKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN

Guna mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, berbagai fasilitas pendukung termasuk ketersediaan SPKLU harus makin ditingkatkan.

Tidak cuma di Ibu Kota dan sekitarnya, penambahan SPKLU di sejumlah daerah masih terus dilakukan, salah satunya di Jawa Tengah.

Ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (1/12/2021), Eric Rossi Priyo Nugroho, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, mengatakan bahwa rencananya akan dibangun 6 SPKLU di Jawa Tengah pada 2022 yang sudah mendukung teknologi fast charging.

Baca juga: Jangan Kebiasaan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

Saat ini, SPKLU di Jawa Tengah yang dikelola PLN dan sudah aktif di antaranya berlokasi di Kantor PLN UP3 Semarang dan rest area Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi Km 519.

“Nanti ke depan juga bakal ada di Semarang, dekat Tol Jatingaleh. Kemudian di Jogja, tapi untuk di sana sasarannya motor listrik dengan tenaga 5-7 kWh, bakal ada 12 dispenser,” ungkap Eric.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.