Etika dan Tips Aman Tangani Motor Mogok di Tengah Jalan

Kompas.com - 08/12/2021, 11:12 WIB
Sejumlah sepeda motor mogok saat melewati banjir di Jalan Budi Jaya, Kebun Jeruk, Jakarta, Senin (9/2/2015). Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah tempat di ibu kota terendam banjir. KOMPAS / LASTI KURNIASejumlah sepeda motor mogok saat melewati banjir di Jalan Budi Jaya, Kebun Jeruk, Jakarta, Senin (9/2/2015). Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah tempat di ibu kota terendam banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya merupakan area umum di mana seluruh kendaraan bisa melintas. Oleh karenanya, sesama pengguna jalan harus saling berbagi ruang agar tetap aman dan nyaman dalam berkendara.

Terkadang muncul situasi sepeda motor yang sedang dikendarai mogok di tengah jalan. Tentu hal ini bisa menimbulkan kepanikan bagi si pengendara. Apalagi jika kondisi lalu lintas tengah padat-padatnya.

Padahal ketika mengalami situasi semacam itu, kita jangan sampai mudah panik agar bisa melakukan tindakan yang tepat dan aman agar tidak merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Nataru

Ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menuturkan tips aman dan etika yang perlu dilakukan pengendara jika motornya bermasalah saat di tengah jalan.

“Jika terjadi mogok mendadak, kita harus segera memindahkan kendaraan ke tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya. Bisa dengan mendorong ke sisi yang tidak dilewati oleh kendaraan lain,” kata Agus menjelaskan.

Puluhan bocah jadi mekanik dadakan di Mamuju sullawesi barat. Mereka menawarkan jasa ke pengendara motor yang mogok di tengah banjirKOMPAS.Com Puluhan bocah jadi mekanik dadakan di Mamuju sullawesi barat. Mereka menawarkan jasa ke pengendara motor yang mogok di tengah banjir

Agar lebih mudah terlihat pengguna jalan lain, pengendara bisa menyalakan lampu sein saat sedang mendorong motor sebagai isyarat hendak menepi. Tidak lupa tetap melihat situasi sekitar agar tidak sembarangan memotong jalur laju kendaraan lain.

Agus menyarankan, jangan memaksakan untuk menyalakan motor yang mogok di tengah jalan. Tentu tindakan ini mengganggu lalu lintas.

Baca juga: Pengendara Motor Nekat Melintas di JLNT, Memicu Kecelakaan Mobil

 

Selain itu, pengendara akan lebih mudah panik jika sudah ada beberapa kendaraan lain menunggu di belakangnya sambil membunyikan klakson. Konsentrasi makin terpecah.

“Jangan terlalu memaksakan untuk menghidupkan mesin tanpa memikirkan pengguna jalan lainnya,” kata Agus.

Dengan mendorong sepeda motor yang bermasalah ke tepi jalan, pengendara bisa lebih fokus mengecek kondisi motor yang ditungganginya. Tindakan tersebut juga lebih memudahkan orang lain yang hendak menolong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.