Jumlah Kecelakaan yang Libatkan Transjakarta Capai 248 Kasus Tahun Ini

Kompas.com - 06/12/2021, 18:41 WIB
Dua bus TransJakarta tabrakan di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). instagram.com/jktinfoDua bus TransJakarta tabrakan di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sekitar 248 kecelakaan lalu lintas telah melibatkan bus Transjakarta selama tahun ini.

Meski tidak dipaparkan secara rinci data tahun sebelumnya, namun angka tersebut cukup tinggi dan menjadi perhatian. Sehingga, ke depannya akan terus dievaluasi dan dikaji guna menekan potensi kejadian serupa.

"Terkait dengan pembahasan kejadian kecelakaan Transjakarta kami laporkan, memang dari hasil inventarisasi kami itu telah terjadi lebih kurang 248 kejadian (kecelakaan lalu lintas) hingga bulan September 2021," kata dia dilansir Kompas.TV, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Cara dan Syarat Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Bus Transjakarta kecelakaan hingga menabrak Pos Polisi di Jalan Meyjen Sutoyo,  Cililitan,  Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021).INSTAGRAM/@TMCPoldaMetro Bus Transjakarta kecelakaan hingga menabrak Pos Polisi di Jalan Meyjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021).

"Jadi ada terdapat 248 laka lantas selama periode Januari- September sampai dengan awal Desember ini," sambungnya.

Syafrin mengatakan, Dishub dengan jajaran Transjakarta telah melakukan sejumlah upaya khususnya pembinaan pengemudi atau pramudi dan juga inspeksi rutin terhadap kendaraan yang dinyatakan laik beroperasi.

Transjakarta disebut telah melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh pramudi sebelum mengoperasikan kendaraan.

"Tentu untuk upaya yang telah dilakukan jangka mendesak sub periode September ini, kami dengan Transjakarta telah berupaya untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh awak kendaraan sebelum mengoperasikan kendaraan," katanya.

Namun, Syafrin mengakui memang ada kemudian satu dan dua orang yang berdasarkan data laporan delapan bulan terakhir tidak teridentifikasi sakit.

Baca juga: Api Muncul dari Ruang Mesin Bus, Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kepulan asap keluar dari atas Transjakarta di Atrium Senin, Jakarta Pusat, Kamis (4/11/2021).Sosial Media @jktinfo Kepulan asap keluar dari atas Transjakarta di Atrium Senin, Jakarta Pusat, Kamis (4/11/2021).

"Kemudian kami rutin melakukan pemeriksaan angkutan umum yang akan beroperasi juga melihat dokumen administrasi yang bersangkutan," katanya

Sebelumnya, bus Transjakarta mengalami kecelakaan lalu lintas dalam dua hari berturut. Bus Transjakarta dengan nomor lambung SAF025 dari Steady Safe bernomor menabrak pos polisi di Jalan Mayjen Sutoyo, PGC, Jakarta Timur, pada Kamis (2/12/2021).

Keesokan harinya, bus Transjakarta bernomor lambung MYS17069 menabrak separator jalan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.