Kompas.com - 06/12/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi Transmisi CVT. Autoblog.comIlustrasi Transmisi CVT.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak aspek yang mendukung untuk meningkatkan kenyamanan dalam suatu kendaraan bermotor saat digunakan sehari-hari. Satu diantaranya, penyematan teknologi continous variable transmission (CVT) .

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menjelaskan, model transmisi ini mampu meningkatkan kenyamanan karena pada teknologinya mampu menghasilkan getaran yang minim.

"Transfer daya dengan getaran yang minim tersebut bisa tercipta berkat penggunaan sabuk karet alias belt CVT yang dapat mengeleminir getaran dan gesekan," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Api Muncul dari Ruang Mesin Bus, Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Review Toyota GR Sport CVT Two tone non TSS 1.0LKOMPAS.com/STANLY RAVEL Review Toyota GR Sport CVT Two tone non TSS 1.0L

Lebih jauh, pada transmisi CVT komponen lainnya seperti puli primer, puli sekunder, dan sabuk baja dalam rangkaian planetary gear set bekerja dengan didorong oleh sistem pompa fluida, mengikuti putaran mesin mobil.

Kondisi tersebut membuat beban kerja mesin jauh lebih ringan. Sehingga, menghasilkan perpindahan rasio gigi dengan halus dan senyap.

"Bahkan, putaran mesin mobil cenderung rendah untuk membuat mobil bergerak. Jadi, pengemudi tak perlu RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga besar karena responsif," ujar dia.

"Terlebih dengan menggunakan mobil bertransmisi CVT, Anda hanya perlu mengandalkan kaki kanan dalam mengemudi mobil. Kaki sebelah kiri sepenuhnya istirahat dan tidak boleh menekan pedal apapun," tambah Imansyah.

Sementara pada transmisi otomatis konvensional, sistematikanya menggunakan torque converter yang berguna sebagai pengganti perangkat kopling pada transmisi manual.

Torque converter bekerja dengan memanfaatkan tekanan oli dari valve body yang menggerakkan input shaft dari transmisi otomatis yang berguna untuk menggerakkan mobil.

Menurut Imansyah, biasanya mobil yang menggunakan transmisi matik konvensional Toyota memiliki sistem empat percepatan atau 4-speed. Pilihan percepatannya terdiri dari gigi 1, 2, 3, 4, dan gigi mundur.

Baca juga: Motor Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari, Ini Dasar Hukumnya

Ilustrasi mekanisme CVTwww.aamco.com Ilustrasi mekanisme CVT

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.