Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Kecelakaan yang Libatkan Transjakarta Capai 248 Kasus Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sekitar 248 kecelakaan lalu lintas telah melibatkan bus Transjakarta selama tahun ini.

Meski tidak dipaparkan secara rinci data tahun sebelumnya, namun angka tersebut cukup tinggi dan menjadi perhatian. Sehingga, ke depannya akan terus dievaluasi dan dikaji guna menekan potensi kejadian serupa.

"Terkait dengan pembahasan kejadian kecelakaan Transjakarta kami laporkan, memang dari hasil inventarisasi kami itu telah terjadi lebih kurang 248 kejadian (kecelakaan lalu lintas) hingga bulan September 2021," kata dia dilansir Kompas.TV, Senin (6/12/2021).

"Jadi ada terdapat 248 laka lantas selama periode Januari- September sampai dengan awal Desember ini," sambungnya.

Syafrin mengatakan, Dishub dengan jajaran Transjakarta telah melakukan sejumlah upaya khususnya pembinaan pengemudi atau pramudi dan juga inspeksi rutin terhadap kendaraan yang dinyatakan laik beroperasi.

Transjakarta disebut telah melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh pramudi sebelum mengoperasikan kendaraan.

"Tentu untuk upaya yang telah dilakukan jangka mendesak sub periode September ini, kami dengan Transjakarta telah berupaya untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh awak kendaraan sebelum mengoperasikan kendaraan," katanya.

Namun, Syafrin mengakui memang ada kemudian satu dan dua orang yang berdasarkan data laporan delapan bulan terakhir tidak teridentifikasi sakit.

"Kemudian kami rutin melakukan pemeriksaan angkutan umum yang akan beroperasi juga melihat dokumen administrasi yang bersangkutan," katanya

Sebelumnya, bus Transjakarta mengalami kecelakaan lalu lintas dalam dua hari berturut. Bus Transjakarta dengan nomor lambung SAF025 dari Steady Safe bernomor menabrak pos polisi di Jalan Mayjen Sutoyo, PGC, Jakarta Timur, pada Kamis (2/12/2021).

Keesokan harinya, bus Transjakarta bernomor lambung MYS17069 menabrak separator jalan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/06/184100215/jumlah-kecelakaan-yang-libatkan-transjakarta-capai-248-kasus-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke