Hari Pertama Uji Coba Ganjil Genap di Depok, 320 Mobil Diputar Balik

Kompas.com - 05/12/2021, 15:33 WIB
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok dan Dinas Perhubungan Kota Depok kembali menerapkan sistem pembatasan kendaraan dengan nomor pelat ganjil genap di Jalan Margonda Raya pada Minggu (5/12/2021) pukul 12.00 WIB. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSatuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok dan Dinas Perhubungan Kota Depok kembali menerapkan sistem pembatasan kendaraan dengan nomor pelat ganjil genap di Jalan Margonda Raya pada Minggu (5/12/2021) pukul 12.00 WIB.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama uji coba pembatasan mobilitas dengan skema ganjil genap nomor kendaraan bermotor di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, diklaim memiliki dampak positif.

Melalui keterangan tertulis, sedikitnya terdapat 320 kendaraan yang telah diputar balik selama hari pertama berlakunya kebijakan yang dicanangkan oleh Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut.

"Dari hasil pemantauan kinerja lalu lintas yang telah dilakukan pada ruas jalan yang menjadi kawasan rencana penerapan uji ganjil genap, memiliki kenaikan kecepatan rata-rata jaringan pada Jalan Margonda Raya," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: PLN Tambah Jaringan SPKLU Mobil Listrik di Lampung

Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Namun penurunan kecepatan terjadi di ruas jalan alternatif dan titik check point. Sementara itu, sekitar 320 unit kendaraan telah diputar balik,” lanjut dia.

Diketahui sebelumnya, uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, sudah dimulai pada Sabtu (4/12/2021) kemarin. Polisi mengatakan uji coba dilakukan sebagai bagian sosialisasi aturan kepada warga.

Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda Raya dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, yang dimulai pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Uji coba ganjil-genap berlaku di sepanjang Jalan Margonda Raya mulai di kolong flyover UI sampai simpang Ramanda. Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya berlaku hanya bagi kendaraan roda 4 atau lebih.

Baca juga: Angkot Terobos Palang Perlintasan Kereta, Ini Ancaman Sanksinya

Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.

Ada 168 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP yang dikerahkan untuk mengawasi uji coba ganjil-genap. Jhoni mengatakan sanksi tilang belum diberlakukan saat uji coba.

“Hari ini (kemarin) juga tidak dilakukan penilangan, jadi sifatnya hanya imbauan kepada masyarakat yang kita laksanakan,” ucapnya.

Untuk taksi online yang pelat nomor polisinya tidak sesuai tanggal masih diperbolehkan melintas saat uji coba ganjil-genap.

Sedangkan untuk ambulans, mobil pemadam kebakaran, mobil untuk pertolongan darurat lainnya, dan angkutan umum, dikecualikan dari aturan terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.