Kompas.com - 05/12/2021, 14:31 WIB
Pentingnya melakukan servis perdana 1.000 km DaihatsuPentingnya melakukan servis perdana 1.000 km

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya kemudahan serta diskon PPnBM yang digulirkan pemerintah, membuat penjualan mobil baru di 2021 meningkat drastis. Seiring dengan itu, jumlah kepemilikannya pun bertambah.

Nah, bagi pemilik mobil baru, sangat penting memperhatikan jadwal perawatan berkala yang sudah disusun pihak pabrikan. Terutama ketika menyentuh jarak 1.000 Kilometer (Km) pertama atau satu bulan sejak digunakan.

Seperti diketahui, walau jarak tempuhnya masih tergolong dekat, namun servis pertama 1.000 Km sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk memastikan kondisi mobil tetap prima setela satu bulan pemakain.

Baca juga: Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Bus Terbakar

Pengecekan pada servis perdana di 1.000 km dapat mendeteksi jika ada indikasi atau potensi gangguan pada kendaraan konsumen sehingga mencegah terjadi kerusakan yang lebih besar.

Pentingnya melakukan servis perdana 1.000 kmDaihatsu Pentingnya melakukan servis perdana 1.000 km

Tak kalah penting, kunjungan servis pertama merupakan salah satu syarat agar warranty mobil berlaku. Karena itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengedukasi soal pentingnya pemeriksaan perdana dengan mengelar program Drive-Thru Checking 1.000 Km #FirstDateWithDaihatsu.

Ratno Yunanto, Service Department Head PT Astra International–Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan servis pertama 1.000 KM sangat penting guna memastikan kendaraan sesuai dengan standar Daihatsu dan juga sebagai salah satu syarat diterimanya garansi kendaraan.

"Dengan ‘First Date With Daihatsu’, pemeriksaan 1.000 KM dengan drive-thru tidak lama & nyaman untuk dilakukan," ujar Ratno dalam keterangan resminya, Sabtu (4/12/2021).

Bandung menjadi kota pertama penyelenggaraan Drive-Thru Checking yang digelar di Astra Daihatsu Astra Biz Center, pada Sabtu (27/11/2021) dengan diikuti 75 konsumen yang diikuti baik mobil penumpang dan niaga.

Baca juga: Harga MPV Murah Jelang Selesainya Diskon PPnBM dan Akhir Tahun

Daihatsu RockyKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky

Pada ajang kali ini, konsumen cukup melakukan Drive Thru tanpa turun dari mobil dan hanya membutuhkan 15 menit untuk menyelesaikan pemeriksaan. Pemilik juga mendapat edukasi pentingnya servis perdana dan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 KM, mana yang lebih dulu tercapai.

"Harapan kami, konsumen menyadari pentingnya perawatan rutin diawali dengan checking 1.000 KM agar kendaraannya selalu prima," kata Mukhtar Aziz, Facility & Process Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.