Erupsi Semeru, Jalur Lumajang-Malang Ditutup

Kompas.com - 05/12/2021, 13:01 WIB
Rekayasa lalu lintas di Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) Satlantas Polres LumajangRekayasa lalu lintas di Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021)

MALANG, KOMPAS.com - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Hingga hari ini, salah satu ancaman terbesar yang masih mengintai adalah banjir lahar dingin.

Sebab info terkini menyebutkan Jembatan Geladak Perak sebagai salah satu akses utama antar daerah di wilayah tersebut dikabarkan terputus akibat banjir lahar.

Polres Lumajang pun sudah melakukan sejumlah upaya pengamanan sekaligus pengalihan arus lalu lintas dan penutupan jalur Lumajang menuju Malang.

Baca juga: Bagaimana Nasib Hino RM 380?

“Sudah kita kerahkan personel dari Satlantas. Mereka nanti akan melakukan pengalihan dan penutupan di beberapa jalur,” ucap Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, dalam keterangan resminya, Sabtu.

Seno menuturkan, penutupan pada jalur Lumajang menuju Malang dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir lahar dingin di area tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lantas Lumajang (@lantaslumajang)

“Sebelumnya sudah dilakukan mapping lokasi aliran lahar erupsi Semeru, sebagai informasi pengalihan jalur. Semua kendaran dari arah Malang dengan tujuan Lumajang maupun dari Lumajang menuju ke Malang disarankan putar balik, semua kendaran dari arah Jember menuju Malang dan sebaliknya disarankan lewat Probolinggo,” kata ia melanjutkan.

Baca juga: Tidak Perlu Repot Menghitung, Begini Cara Mudah Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan

Lebih detail, penutupan beberapa titik lalu lintas di antaranya adalah Simpang Empat Tempeh, Jalur Malang via Pronojiwo, dan via Ranupane. Sejak dari jalur masuk Kota Lumajang di Wonorejo hingga titik penutupan, papan imbauan dan petunjuk arah sudah dipasang.

Sejumlah petugas dari Satlantas pun juga disiagakan di titik-titik tersebut guna membantu pengalihan arus lalu lintas dan mengurai kepadatan jika terjadi kemacetan.

“Selain memberikan imbauan dan petunjuk arah, kami juga menyiagakan personel pengamanan jalur lalu lintas. Saya berharap dengan adanya petunjuk ini, masyarakat bisa mengantisipasi dan merencanakan perjalanannya dengan aman dan nyaman, tentunya jauh dari wilayah terdampak erupsi Semeru,” ujar Seno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.