Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah Jaringan SPKLU Mobil Listrik di Lampung

Kompas.com - 05/12/2021, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PT PLN (Persero) kembali menambah jaringan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) di Lampung.

I Gede Agung Sindu Putra, General Manager PLN UID Lampung mengatakan, melalui program Electrifying Lifestyle PLN mengajak masyarakat menggunakan peralatan yang sumber energinya listrik, salah satunya kendaraan listrik.

Hal tersebut pun diklaim sesuai dengan arahan pemerintah yang masuk dalam program untuk mempercepat konversi energi fosil ke energi listrik yang ramah lingkungan.

Baca juga: Tiap Bulan Baru Ada 10 Mobil Listrik yang Cas Baterai di SPKLU PLN

"PLN terus mendorong pertumbuhan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Energi listrik merupakan energi yang ramah lingkunan, bersih tanpa polusi, kabonisasi, praktis, dan ekonomis. Maka, penggunaan kendaraan listrik merupakan pilihan paling tepat saat ini," ucap Sindu dalam keterangan resminya, Sabtu (4/12/2021).

SPKLU PLNPLN SPKLU PLN

Menurut Sindu, lokasi SPKLU di Lampung cukup penting. Selain agar mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, juga karena sebagai pintu gerbang masuk ke Pulau Sumatera.

Apalagi dengan sudah adanya akses jalan tol Trans Sumatera, sehingga PLN menilai perlu memperbanyak titik SPKLU sebagai langkah antisipasi meningkatnya minat pengguna kendaraan listrik.

Bagi masyarakat di Lampung yang memiliki mobil listrik, kini sudah bisa melakukan pengisian daya karena PLN UID telah mengoperasikan satu titik SPKLU di El's Coffe Roastery yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandar Lampung. Sayangnya, tak dijelaskan terkait kapasitas serta model soket yang disediakan.

Menjelang akhir 2021, Sindu mengatakan PLN berencana untuk membangun satu titik SPKLU lagi yang akan ditempatkan di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 49A. Penambahan tersebut merupakan lanjutan dari sebelumnya sudah tersedia di KM 20 B pada 2020 lalu.

Baca juga: Gaikindo Sebut Harga Mobil Listrik Masih Jauh dari Daya Beli

Keberadaan SPKLU di Lampun juga menambah total charging station di Indonesia yang saat ini diklaim telah ada 219 unit di 185 lokasi.

Dari jumlah tersebut, 60 unit SPKLU di antaranya adalah milik PLN yang berada di 45 lokasi pada 21 kota, dan bakal terus ditambah lantaran PLN sedang membangun 54 unit di 21 kota.

Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLNKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN

Selain memenuhi ketersediaan kebutuhan SPKLU, PLN juga telah menambahkan sajian fitur layanan terbaru tentang SPKLU pada aplikasi PLN Mobile. 

"Fitur tambahan pada aplikasi PLN Mobile kini sudah tersedia menu SPKLU yang terkoneksi dengan aplikasi Charge.In, sehingga dapat menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik dalam mencari lokasi SPKLU terdekat serta kemudahan bertransaksi yang terintegrasi dengan fintech Link Aja," kata Sindu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com