Jangan Abai, Ban Serep di Kolong Mobil Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 03/12/2021, 10:42 WIB
Ban serep dengan posisi di kolong mobil Kompas.com/DonnyBan serep dengan posisi di kolong mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen paling vital pada kendaraan. Namun, tak sedikit yang masih abai dengan kondisi ban cadangan atau ban serep.

Khususnya ban serep yang letaknya ada di kolong. Dengan posisinya yang tak terlihat dan tidak praktis untuk dicopot, banyak yang jarang memperhatikan kondisinya.

Baca juga: Viral, Video Pencuri Ban Serep Tertangkap Petugas di Tol Cipali

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal, mengatakan, banyak yang malas merawat ban serep. Begitu mau digunakan, biasanya sudah telat, kondisi ban serep tidak layak digunakan.

Ban serep dengan posisi di kolong mobilKompas.com/Donny Ban serep dengan posisi di kolong mobil

"Jadi, perawatan ban serep sebetulnya lebih mudah dari ban utama. Cukup jaga tekanan udara sesuai dengan standar yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil," ujar Zulpata, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata menambahkan, untuk ban serep tipe yang sama dengan ban utama, biasanya disarankan sesuai initial pressure tekanannya, yaitu 44 psi atau 3.0 kg/cm2.

Baca juga: Aksi Solidaritas Pengemudi Truk Gagalkan Pencurian Ban Serep

"Untuk yang khusus ban serep tipenya, biasanya di dinding ada tulisan temporary tire, dijaga tekanan angin ban sampai 4.2 kg/cm2 atau 420 kPa atau 60 psi," kata Zulpata.

Zulpata mengatakan, perawatan lainnya hanya cukup dibersihkan dari debu atau kotoran, lumpur, tanah kalau posisi penyimpanan di luar kendaraan atau biasa di bawah bodi.

"Kalau disimpan di bagasi, cukup cek tekanan udara saja. Kalau sekali-sekali dikasih pengilap ban lebih baik lagi, agar kelihatan lebih bersih," ujar Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.