Aksi Solidaritas Pengemudi Truk Gagalkan Pencurian Ban Serep

Kompas.com - 06/10/2021, 13:03 WIB
Aksi pencurian ban serep truk INSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCKAksi pencurian ban serep truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus pencurian ban serep truk memang kerap terjadi belakangan ini. Biasanya aksi ini dilakukan minimal oleh dua orang, mengingat barang yang akan dicuri berukuran besar.

Belum lama ini, akun Instagram Romansa Sopir Truck mengunggah video soal aksi pencurian ban truk yang gagal. Pada video tersebut, perekam melihat aksi pencurian ban serep truk yang sedang berhenti di bahu jalan tol, Selasa (5/10/2021).

Dengan segera, pengemudi truk lain pun melabrak pencuri ban. Ketika mau dikejar, pencuri tadi lari ke tengah lajur tol. Tidak lama dari situ, mobil MPV silver yang diduga kompolotan pencuri pun ikut kabur.

Baca juga: Lihat Pengendara Motor yang Ngobrol di Jalan, Jangan Ditegur

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan keterangan pada unggahan tersebut, kejadian ini terjadi di Tol Balaraja namun belum jelas ada di KM berapa. Jika dilihat, lokasi kejadian dekat dengan rest area, tepatnya di depan pintu masuk.

Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY mengatakan, ban serep truk memang sangat mudah dicuri. Untuk yang masih bagus bannya, bisa dijual kembali dengan harga yang lumayan tinggi.

Ban truk, sekalipun yang serep masih ada harganya. Casing ban yang sudah botak pun masih bisa dijual dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000 karena masih bisa divulkanisir,” kata Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: PO Haryanto Rilis Bus dari Karoseri Laksana

Para pencuri ban serep ini pun bisa dibilang sudah tahu mana ban yang masih bagus atau tidak. Jadi mereka tidak asal memilih target, tetapi dicari dahulu truk yang kira-kira masih punya ban serep belum tertusuk atau kawatnya masih utuh sehingga masih bisa dijual.

“Fungsi ban serep di truk itu hanya untuk melanjutkan perjalanan truk ke pool atau garasi terdekat saja. Setelah sampai ke pool atau garasi terdekat, biasanya tugas ban serep akan berakhir dan akan digantikan lagi oleh ban yang aslinya berada di posisi tersebut setelah direparasi atau diganti baru,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.