Diisi 9 Orang, Ini Posisi Duduk Ideal di Hyundai Staria Signature-9

Kompas.com - 30/11/2021, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai multi purpose vehicle (MPV) premium dengan kapasitas tujuh dan sembilan penumpang, Hyundai Staria ditunjang dengan berbagai sisi yang menarik.

Satu di antaranya ialah bagian interior. Terlbih, sektor tersebut lebih banyak berinteraksi dengan penumpang maupun pengemudi selama penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Ulik Kembali Kemewahan Desain Hyundai Staria

Hyundai Staria Signature-9KOMPAS.com/Ruly Hyundai Staria Signature-9

Bagian dasbor dibuat melalui pendekatan passanger oriented. Ini dituangkan dalam lekukan sederhana di kursi penumpang sehingga ruang kaki menjadi luas.

Seluruh panelnya juga sudah berbentuk digital sehingga lebih modern. Tak sampai di sana, tersaji juga panel TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci sebagai sarana hiburan.

Pada bagian tengah, ruang mobil Staria memiliki tampilan futuristik seperti berada di sebuah pesawat luar angkasa yang dibuktikan dengan jendela lebar pada sisi kanan dan kiri.

Hyundai Staria Signature-9KOMPAS.com/Ruly Hyundai Staria Signature-9

Posisi garis sabuk pengaman pun dibuat rendah sehingga visibilitas para penumpang jadi lebih luas. Hanya saja, seluruh kaca tidak bisa dibuka alias hanya sebagian saja dengan makanisme manual.

Berjalan pada kabin tengah juga terasa lapang, bahkan mungkin saja bisa disematkan dua tas berukuran sedang. Tak lupa, ada garis-garis iluminasi pada beberapa titik yang bisa diatur warnanya.

Hanya saja, untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman saat kapasitas mobil diisi maksimal (9 orang untuk Staria Signature-9), agak repot.

Baca juga: Bahas Ragam Fitur Hyundai Staria

Interior Hyundai Staria Signature-9KOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Staria Signature-9

Semua penumpang, khususnya di baris ketiga dan keempat harus saling memaklumi karena ruang kaki (leg room) cukup terbatas. Dalam perjalanan jarak jauh, disarankan untuk kursi bagian paling belakang tidak diisi orang dewasa.

Adapun keunggulan varian ini, yakni kursi baris kedua bisa diputarbalik 180 derajat (Swiveling Independent Seat), tidak bisa diterapkan secara optimal ketika mobil diisi 9-orang.

Bila memang ingin digunakan secara nyaman atau feasible, harus relakan kursi penumpang bagian paling belakang dengan melipatnya. Karena jika dipaksakan, ruang kaki sangat mepet antara satu penumpang dengan penumpang lainnya.

Diketahui, fitur ini sangat spesial disematkan Hyundai agar penumpang di baris kedua bisa berhadapan dengan penumpang baris ketiga. Sehingga, tercipta tempat pertemuan bisnis minimalis di dalam mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.