Kompas.com - 27/11/2021, 14:02 WIB
Sepeda motor fuel cell pengembangan BRIN KOMPAS.com/GilangSepeda motor fuel cell pengembangan BRIN
|


SERPONG, KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), memamerkan pengembangan sepeda motor fuel cell pada gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

Spesifikasinya hidrogen disimpan di tangki Metal Hydrid (NiMH), mengusung motor fuel cell PEMFC 500W kemudian dinamo atau motor listrik DC 500W dan baterai Lithium Ion 48 V.

Baca juga: Gesits Diskon Rp 1,5 Juta di IEMS 2021

Sepeda motor fuel cell pengembangan BRINKOMPAS.com/Gilang Sepeda motor fuel cell pengembangan BRIN

Abdul Hamid Budiman, Kepala Proyek Fuel Cell BRIN menjelaskan, secara sederhana fuel cell merupakan peranti yang menciptakan listrik dari bahan baku hidrogen dan oksigen.

"Hidrogen yang ditabung bertemu dengan oksigen udara bebas mengalami reaksi elektrokimia sehingga menghasilkan listrik. Listriknya kita pakai untuk menggerakkan motor," katanya kepada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Sepeda motor fuel cell pengembangan BRINKOMPAS.com/Gilang Sepeda motor fuel cell pengembangan BRIN

Selain energi listrik, proses kimia keduanya juga akan menghasilkan air (H2O). Listriknya dipakai buat menggerakan daya motor, sedangkan air yang dihasilkan dibuang.

Baca juga: Ini Salah Satu SUV Chery yang Akan Hadir di Indonesia

"Kalau di mobil ada seperti knalpot kecil, tapi kalau ini masih skala riset kita biarkan menetes begitu saja seperti selang. Tapi bukan pengertian seperti air selang yang keluar air deras, lebih seperti uap air," katanya.

Meski demikian pada motor riset fuel cell ini, pihak BRIN tetap memakai baterai. Tujuannya memberi daya kepada kapasitor untuk menjaga tegangan atau daya listrik yang dihasilkan reaksi kimia tersebut.

Sepeda motor fuel cell pengembangan BRINKOMPAS.com/Gilang Sepeda motor fuel cell pengembangan BRIN

"Tetap dibutuhkan (baterai), ini untuk menjaga. Sebab hasil reaksi tersebut ada range dan itu mesti dijaga," ungkap salah satu staf BRIN menjelaskan di lokasi.

Baterainya sendiri disimpan di top box atau kotak kecil di bagian belakang motor. Di kotak tersebut juga diletakkan pemutus arus dan komponen elektrik lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.