Avanza-Xenia Diprediksi Tetap Jadi Mobil Bekas Fast Moving

Kompas.com - 27/11/2021, 11:02 WIB
Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELToyota Avanza IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas diprediksi bakal kembali bergairah pada 2022, terutama bila relaksasi atau diskon PPnBM untuk mobil baru tak lagi dilanjutkan.

Sementara untuk perkiraan jenis mobil apa yang bakal jadi incaran, meski saat ini marak bermunculan segmen SUV compact, tapi menurut beberapa pemain mobil bekas, MPV sejuta umat alias low multi purpose vehicle (LMPV) bakal tetap menjadi produk favorit.

Hafizh Fauzan, Marketing Manager Otospector, penyedia layanan jasa inspeksi mobil bekas mengatakan, tren LMPV masih akan mendominasi, terutama untuk Avanza dan Xenia.

"Avanza dan Xenia akan tetap tinggi, tetap jadi fast moving (produk yang dicari). Meski sekalipun sudah berubah jadi penggerak depan, tapi tetap akan ada market-market yang pro di Avanza lama dengan penggerak belakang," kata Hafizh beberapa waktu lalu saat melakukan webinar bersama media.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris Oktober 2021, Rush Ungguli Avanza dan Xpander

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Namun selain kedua MPV murah tersebut, dia juga menjelaskan segmen mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) kemungkinan tetap diminati kerena secara harga lebih terjangkau.

Sementara itu, Irwan, pemilik showroom mobil bekas di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, juga mengungkap hal senada mengenai prospek MPV sejuta umat di 2022.

Menurut dia, meski saat ini secara tren mobil baru lebih banyak di segmen SUV lima penumpang, tapi menyoal kebutuhan mobil kebanyakan masyarakat lebih cenderung yang memiliki muatan banyak.

Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo BaruRizen Panji Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo Baru

Apalagi dengan kehadiran generasi baru Avanza, Xenia, sampai Xpander yang sudah mendapatkan penyegaran, akan membuat banderol lawasnya turun. Kondisi tersebut bakal memberikan dampak pada minat masyarakat.

Baca juga: Honda Bicara soal Nasib Mobilio

"Tentu keduanya tetap jadi incaran (Avanza-Xenia), tapi Xpander juga sudah pakai CVT juga, harga baru lebih mahal, kemungkinan banyak yang cari model lawas karena bekasnya juga turun," ucap Irwan.

Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

"Untuk SUV, seperi Raize dan Rocky kemungkinan konsumenya akan sama seperti hatchback, untuk perkotaan saja, tapi MPV tujuh penumpang itu tetap bakal tinggi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.