Kompas.com - 26/11/2021, 09:22 WIB
Honda Mobilio GIIAS 2021 KOMPAS.com/STANLY RAVELHonda Mobilio GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) sampai saat ini masih mempertahankan Mobilio dengan tampilan lawas. Padahal, para rival yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah sudah melakukan perubahan signifikan.

Seperti diketahui, Mobilio sendiri sudah cukup lama tak mendapatkan sentuhan baru. Bahkan, meski pasar MPV murah masih signifikan di Indonesia, Honda justru memilih meluncurkan generasi baru dari BR-V.

Namun demikian, bukan tanpa alasan Honda seakan melawan arus dari para kompetitor Jepang lainnya yang telah meremajakan LMPV. Sebab, menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy, ada pertimbangan kenapa pihaknya memilih BR-V.

Baca juga: Sayonara Karimun Wagon R, Selamat Datang Calon Mobil Hybrid Suzuki

"Yang pasti karena market low sport utility vehicle (LSUV) ini naik terus, dan dari sisi infrastruktur juga membutuhkan mobil dengan model seperti ini (BR-V), jadi kita develop duluan," ujar Billy kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Generasi terbaru BR-V jadi salah satu andalan Honda di GIIAS 2021 guna mendulang penjualan, kini sudah diumumkan harga resminya. KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Generasi terbaru BR-V jadi salah satu andalan Honda di GIIAS 2021 guna mendulang penjualan, kini sudah diumumkan harga resminya.

Billy menjelaskan, secara tren segmen SUV memang mengalami perkembangan cukup pesat belakang ini. Kondisi tersebut terjadi bukan hanya di pasar Indonesia, tapi juga secara global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, berdasarkan studi internal yang dilakukan HPM, Billy mengeklaim mendapat hasil bila tingkat ketertarikan masyarakat sejauh ini justru mengarah ke segmen LSUV yang lebih banyak dari LMPV.

"Karena memang LSUV itu lebih banyak peminatnya, dan dari hasil studi kami sendiri peluangnya bakal lebih besar di tahun depan," kata Billy.

Baca juga: Kantongi 1.511 SPK, Ini 3 Besar Penjualan Honda di GIIAS 2021

Meski demikian, Billy menegaskan, Honda tak melupakan Mobilio. Hanya saja, fokusnya untuk saat ini memang lebih mengikuti tren SUV, lantaran itu pula pihaknya mengenalkan SUV RS Concept yang merupakan calon SUV compactnya.

World Premiere Honda SUV RS Concept di GIIAS 2021Ruly Kurniawan/Kompas.com World Premiere Honda SUV RS Concept di GIIAS 2021

Ketika ditanya soal nasib Mobilio, termasuk soal rencana kapan bakal diperbarui agar bisa berkompetisi dengan para rivalnya, Billy enggan untuk memberikan informasi lebih jauh.

"Kita konsentrasikan pada LSUV ini dulu. Untuk Mobilio pada waktunya, tergantung kebutuhannya juga kita lihat dari beragam sisilah," ujar Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.