Transmisi CVT New Avanza Beda dengan CVT Lainnya

Kompas.com - 24/11/2021, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 kemarin, sejumlah produsen mobil memamerkan model mobil baru mereka.

Pembaruan model mobil ini di antaranya termasuk penggunaan sistem transmisi matik CVT pada sebagian varian mobil-mobil tersebut. Contohnya seperti Toyota New Avanza serta New Veloz.

Meski sama-sama menggunakan sistem transmisi CVT, ada sedikit perbedaan pada sistem CVT milik New Avanza dan New Veloz dengan mobil lainnya.

Baca juga: Catat, Ini 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Pembayaran Nirsentuh Tanpa Berhenti

Umumnya, transmisi CVT melakukan perpindahan gigi menggunakan pulley dan sabuk baja. Sabuk ini menghubungkan dua pulley, yakni drive pulley sebagai penggerak dan driven pulley yang digerakkan.

Kedua pulley tersebut bisa bergerak ke kiri dan ke kanan sehingga keduanya bisa menyesuaikan bentuk baik menyempit maupun melebar. Diameter sabuk ini lah yang jadi rasio gigi pada transmisi CVT.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Jika menilik sistem CVT pada New Avanza dan New Veloz, transmisinya tidak cuma mengandalkan pulley dan sabuk baja, tapi juga diberi rangkaian gigi tambahan serta planetary gear.

"Transmisi CVT yang dipakai adalah jenis baru yaitu Dual Mode CVT (D-CVT)," kata Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini.

Baca juga: Driver Safety Car WSBK Sebut Sirkuit Mandalika Aman dan Kencang

Sistem gigi tambahan beserta planetary gear ini disebut dengan istilah 'split-gears system'. Sabuk baja dan sistem tersebut bekerja bergantian dalam mengalirkan tenaga dari mesin ke roda penggerak.

Maka dari itu, sistem transmisi ini diberi nama Dual Mode CVT yang berarti transmisi CVT dengan dua cara. Pada mode pertama, D-CVT bekerja layaknya CVT konvensional pada umumnya. Hal ini terjadi saat mobil dikemudikan dalam kecepatan rendah ke menengah.

Lantas ketika mobil dipacu lebih kencang, D-CVT mengandalkan rangkaian gigi tambahan serta planetary gear demi menjaga efisiensi energi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.