Armada Gojek 100 Persen Pakai Motor Listrik di 2030

Kompas.com - 20/11/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi mitra driver Gojek yang membawa paket bertuliskan Tokopedia. GoToIlustrasi mitra driver Gojek yang membawa paket bertuliskan Tokopedia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan transportasi online Gojek menggandeng TBS Energi Utama untuk membangung ekosistem kendaraan listrik roda dua di dalam negeri melalui PT Karya Baru TBS (TBS).

Pada salah satu targetnya, diharapkan pengemudi atau armada dari Gojek akan menggunakan motor listrik 100 persen di tahun 2030. Sehingga, bisa meningkatkan percepatan menuju era elektrifikasi nasional.

"Gojek menargetkan menjadi platform karbon-netral dan mentrasisi jadi 100 persen kendaraan litrik di 2030," kata CEO Gojek Kevin Aluwi secara virtual, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Pindad Bawa Purwarupa Supermoto Listrik ke Ajang WSBK Mandalika

Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi, VP Region West Java & Banten Gojek, Becquini Akbar, Komandan Kodim 0507 Kota Bekasi, Letkol Armed Iwan Apriansyah, dan Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP.Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum, dalam acara pengaktifan kembali layanan GoRide sekaligus peluncuran inisiatif J3K di Kota Bekasi. Dalam menghadirkan layanannya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Gojek memperkenalkan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau dikenal dengan J3K guna memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan di tengah pandemi global COVID-19.KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi, VP Region West Java & Banten Gojek, Becquini Akbar, Komandan Kodim 0507 Kota Bekasi, Letkol Armed Iwan Apriansyah, dan Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP.Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum, dalam acara pengaktifan kembali layanan GoRide sekaligus peluncuran inisiatif J3K di Kota Bekasi. Dalam menghadirkan layanannya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Gojek memperkenalkan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau dikenal dengan J3K guna memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan di tengah pandemi global COVID-19.

"Kami berharap upaya ini dapat mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkontribusi kepada penanggulangan perubahan iklim di Indonesia," lanjut dia.

Kevin mengatakan, kolaborasi strategis ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan komitmen Sustainability Grup GoTo ‘Zero Emissions’ (Nol Emisi Karbon).

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan uji coba komersial pemanfaatan motor listrik yang menerapkan skema baterai swap. Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan.

Setelah itu, Gojek akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan motor listrik sebanyak 1 juta kilometer di dalam platform Gojek.

Data hasil uji coba ini juga akan dimanfaatkan untuk mencari kombinasi teknologi yang tepat untuk kendaraan listrik yang dapat memenuhi kebutuhan mitra driver dan pengguna Gojek, serta pasar Indonesia secara luas.

Baca juga: Ketahui Bahaya Pasang Ban Motor Tidak Sesuai Rotasi

Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRideKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide

Dalam uji coba komersial tersebut, para pengguna Gojek dapat memilih motor listrik pada saat menggunakan layanan GoRide dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

Sementara mitra driver yang menggunakan kendaraan listrik akan dapat menjadi bagian dari layanan Gojek lainnya, seperti GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart.

Kerja sama dalam membangun ekosistem kendaraan listrik roda dua ini memiliki nilai investasi awal 10 juta dollar AS setara dengan Rp 142 miliar (kurs Rp 14.200 per dollar AS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.