Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Beberapa Faktor Penyebab Aquaplanig pada Mobil

Kompas.com - 20/11/2021, 15:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala aquaplaning atau hydroplaning merupakan ancaman yang bisa saja dialami oleh pengemudi kendaraan bermotor terutama pada saat hujan atau jalan basah.

Kondisi hilangnya traksi ban terhadap aspal saat melaju di jalan basah atau tergenang air, dapat memicu terjadinya kecelakaan fatal hingga menyebabkan korban jiwa.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Biasanya kondisi seperti ini banyak dialami pengemudi ketika berada di jalan tol. Hal ini tentu saja membahayakan karena penggunaan kecepatan tingggi di jalan tol.

Untuk itu, bagi setiap pengemudi sebaiknya memahami beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya aquaplaning.

Aquaplaningwww.autobild.de Aquaplaning

1. Memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyarankan, ketika melaju di jalan basah tidak perlu terburu-buru apalagi menggunakan kecepatan tinggi.

“(Aquaplaning) biasanya terjadi karena pengemudi terburu-buru saat melintasi genangan air. Ini yang justru berbahaya, sebaiknya pelan-pelan saja agar mobil tidak terangkat dari aspal,” ujar Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Daihatsu Ayla dan Sigra di GIIAS 2021

Mengemudikan kendaraan bermotor dalam kondisi hujan atau jalanan basah tidak bisa disamakan ketika kondisi jalanan kering. Untuk itu, saat melaju di jalanan basah atau tergenang air sebaiknya pengemudi tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Hanya saja, selama ini masih banyak pengemudi yang mengabaikan cara mengemudi aman dan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat kondisi hujan.

Hal tersebut dapat menyebabkan ban kendaraan kehilangan traksi terhadap aspal sehingga kendaraan kehilangan kendali dan tergelincir hingga menyebabkan kecelakaan fatal.

Aquaplaningyoutube.com Aquaplaning

2. Kondisi ban yang sudah gundul

Selain karena kecepatan tinggi, faktor lain yang juga bisa memicu terjadinya aquaplaning adalah kondisi ban yang sudah tidak prima lagi.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal mengatakan, kondisi ban juga perlu diperhatikan, terlebih sebelum berkendara di jalanan basah atau kondisi hujan.

Baca juga: Tanpa Diskon PPnBM, Honda BR-V Terjual 2.100 Unit

Kondisi telapak ban juga bisa mempengaruhi terjadinya gejala aquaplaning karena alur ban tidak sempurna dalam mengalirkan air.

“Pastikan sisa tinggi telapak ban mumpuni yaitu masih di atas tanda TWI (tread wear indicator), untuk mobil berpenumpang TWI-nya harus 1.6 mm dari dasar,” kata Zulpata.

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com