Pindad Bawa Purwarupa Supermoto Listrik ke Ajang WSBK Mandalika

Kompas.com - 20/11/2021, 13:31 WIB
Supermotor Listrik Pindad MotoEV PINDADSupermotor Listrik Pindad MotoEV

JAKARTA, KOMPAS.com – Memanfaatkan ajang balap internasional Worl Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, PT Pindad (Persero) memamerkan jajaran produk garapannya dari 19-21 November 2021.

Mulai dari Maung 4x4, MV2, dan prototipe sepeda motor listrik bergaya supermotor yang menjadi inovasi teranyar, yakni MotoEV.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, Pindan jadi satu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang secara aktif dan antusias memamerkan produk otomotif terbarunya. Salah satunya melalui gelaran ajang balap yang membawa nama Indonesia ke kancah otomotif dunia.

Baca juga: Bikers Honda Beri Semangat Pebalap Muda Indonesia Balapan di Mandalika

Supermotor Listrik Pindad MotoEVPINDAD Supermotor Listrik Pindad MotoEV

"PT Pindad (Persero) selalu menekankan proses inovasi yang terus-menerus pada setiap lini produknya. Produk kendaraan 4x4 Maung, MV2, purwarupa MotoEV kami tampilkan seiring dengan harapan kami untuk semakin memperkenalkan produk otomotif ke seluruh dunia lewat event WSBK ini," ujar Abraham dalam keterangan resminya, Sabtu (20/11/2021).

Menurut Abraham, potensi kendaraan listrik yang semakin besar akan memberikan keuntungan dalam sistem transportasi, baik darii aspek lingkungan maupun energi.

"MotoEV hadir untuk menjawab tantangan kedepan akan motor listrik buatan dalam negeri yang tangguh di berbagai medan," kata Abraham.

Salah satu keunggulan dari MotoEV adalah 100 persen penggeraknya dikembangkan dan dibuat oleh Pindad yang dibekali proteksi IP 57. Selain itu, motor ini juga mampu melintasi edan dengan gradien kemiringan 30 persen (16 derjat).

Prototipe tersebut dipersiapkan khusus untuk ajang Mandalika dengan mengusung konsep supermoto yang menggunakan rangka dan bodi universal.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Supermoto Listrik Pindad MotoEVPINDAD Supermoto Listrik Pindad MotoEV

Tahap berikutnya, Pindad akan melakukan pengembangan rangka dan bodi kendaraan sesuai dengan ciri khas Pindad serta membuka kesempatan untuk menjalin kolaborasi dengan mitra yang kompeten dalam hal baterai, controller, dan komponen lainnya.

Sedangkan untuk Maung dan MV2 yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan,dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern dan juga dimungkinkan untuk memenuhi pasar lain selain militer. Kemampuan manuver yang dimiliki gesit dan handal serta dilengkapi dengan suspensi yang nyaman digunakan baik di medan on road maupun off road.

Performa kendaraan-kendaraan ini juga sudah teruji karena dijalankan langsung melalui jalur darat dari Bandung ke Mandalika Lombok dengan jarak sekitar 1.000 kilometer (km).

Baca juga: Bikers Honda Beri Semangat Pebalap Muda Indonesia Balapan di Mandalika

Lebih lanju Abraham mengatkaan, PT Pindad (Persero) mendukung penuh langkah pemerintah membangun sirkuit berkelas dunia di Mandalika, yang akan mendorong berbagai sektor turut termotivasi untuk bertumbuh.

Pindad MandalikaPINDAD Pindad Mandalika

"Selain memacu industri otomotif untuk terus berkembang, pembangunan Mandalika International Street Circuit juga bisa mendorong berbagai sektor di Nusa Tenggara Barat (NTB) seperti ekonomi dan pariwisata. Di tengah pandemi yang belum berakhir, ini seperti angin segar bagi peluang pertumbuhan ekonomi penduduk setempat," kata Abraham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.