Penjualan Suzuki Meningkat, Carry Pikap Jadi Andalan

Kompas.com - 15/11/2021, 19:31 WIB
Booth Suzuki di GIIAS 2021 Kompas.com/ApridaMegaNandaBooth Suzuki di GIIAS 2021

TANGERANG, KOMPAS.com – Setelah dihantam badai pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu, kinerja pasar otomotif mulai pulih. Hal ini sejalan dengan adanya vaksinasi dan Aturan mengenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Menurut data yang dikeluarkan Gaikindo, penjualan mobil secara nasional meningkat hingga 66,9 persen untuk wholesales dan 49,4 persen untuk retail sales. Peningkatan ini juga terjadi pada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tercatat pada periode Januari-Oktober 2021, wholesales Suzuki meningkat sebesar 46,9 persen dan retail sales meningkat sebesar 24,7 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Baca juga: Xenia Baru Disebut Mirip Xpander, Ini Kata Daihatsu

Peningkatan penjualan ini didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebanyak 93 persen untuk wholesales maupun retail sales.

Dari dominasi produk lokal tersebut, menurut Sukma Dewi, Assist. To 4W Sales Dept. Head PT SIS, masih dikontribusi kendaraan komersial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kinerja penjualan mobil Suzuki periode Januari-Oktober 2021 menunjukkan angka yang positif. Peningkatan penjualan ini didominasi oleh produk lokal seperti New Carry Pick Up yang berkontribusi sebesar 57 persen secara wholesales dan 59 persen secara retail sales,” kata Dewi, Senin (15/11/2021).

New Carry pick up hadir world premiere dalam ajang IIMS 2019Kompas.com/Setyo Adi New Carry pick up hadir world premiere dalam ajang IIMS 2019

Kemudian disusul oleh XL7 dan All New Ertiga yang termasuk ke dalam kontributor terbesar yang juga didukung oleh adanya kebijakan PPnBM yang diberikan oleh
pemerintah.

Seperti disampaikan Dewi, New Carry Pick Up berhasil menjadi kontributor utama penjualan nasional Suzuki tahun ini.

Sepanjang Januari sampai Oktober, New Carry Pick Up terjual sebanyak 41.696 unit untuk wholesales dan 41.372 untuk retail sales.

Hal ini dikarenakan New Carry Pick Up menjadi andalan sebagai kendaraan penunjang kegiatan niaga yang memiliki kelebihan berupa konsep ILMU, yaitu Irit bahan bakar, Lama umur pakainya, Muat banyak karena memiliki kapasitas maksimal 1 ton, dan Untung di ujung karena memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.