Kompas.com - 15/11/2021, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Xenia baru pada 11 November 2021. Mobil ini juga telah dipamerkan pada ajang GIIAS 2021 dan mendapat sambutan yang beragam dari konsumen.

Xenia baru mendapat perubahan yang menyeluruh baik dari platform, fitur-fitur, hingga desainnya. Bahkan banyak juga yang bilang kalau mobil ini jadi mirip dengan Xpander, Low MPV yang sudah meluncur sejak 2017.

Mark Wijaya, Styling Design R&D Center ADM, mengatakan, secara umum tampilan Xenia menjadi lebih sporty daripada model sebelumnya.

Baca juga: Diam-diam Mitsubishi Siapkan Penantang Raize dan Rocky

Daihatsu Xenia terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia terbaru.

Ia juga mengatakan, Xenia terbaru dikembangkan tim R&D Daihatsu Jepang. Generasi ketiga ini mengusung konsep sleek cabin.

"Bahasa desain Daihatsu Xenia sekarang adalah dual grill, yakni thin upper dan big lower,” ujar Mark, dalam konferensi pers di booth Daihatsu (12/11/2021).

“Untuk tampil sporty, All New Xenia tidak menggunakan krom yang biasanya menjadi simbol mobil mewah. Xenia generasi ketiga tidak menggunakan krom. Kini hitam adalah warna krom baru," kata dia.

Baca juga: Ini Lokasi Operasi Zebra Jaya di Kota Bekasi Mulai Senin

Daihatsu XeniaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia

Menurutnya, pengembangan All New Xenia melibatkan sekitar 31 engineer dari total 80 engineer di R&D Center ADM. Para insinyur ini merupakan ahli di masing-masing bidangnya, mulai dari engineer body, seat, interior, wire, dan sebagainya.

"Kami menyebutnya next level R&D Daihatsu. Dengan desain sporty, Xenia menyasar segmen konsumen emotional," ucap Mark.

Sementara itu, Meddy Hamdhani, Regional Chief Engineer Daihatsu Motor Corporation (DMC), mengatakan, pihaknya mengembangkan All New Xenia dari riset dan studi mengenai kebutuhan utama kendaraan keluarga Indonesia.

Baca juga: Ertiga Dianggap Masih Bisa Melawan Avanza atau Xpander

Daihatsu Xenia generasi terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia generasi terbaru.

Bersama engineer dari DMC, ADM, termasuk juga Toyota, Xenia baru fokus pada pengembangan interior dan kenyamanan, sehingga akhirnya All New Xenia memilih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

"FWD menawarkan kenyamanan lebih baik, yang dibutuhkan konsumen sekarang," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.